Terbukti Bersalah, Dua Kapal Ikan Berbendera Vietnam Ditenggelamkan

Suasana saat penenggelaman KIA di Anambas. (F:ist)

ANAMBAS (marwahkepri.com) – Berdasarkan putusan Pengadilan Tinggi Pekanbaru di Nomor: 202/Pid.Sus/2019/PT PBR dan Nomor 203/Pid.Sus/2019/PT PBR. Setelah terbukti bersalah, dua kapal berbendera Vietnam ditenggelamkan di perairan Kepulauan Anambas, Minggu (26/9/2021) lalu.

Kepala Cabang Kejaksaan Negeri (Kacabjari) Ranai di Tarempa, Roy Huffington Harahap mengatakan, penenggelaman kapal telah sesuai dengan prosedur hukum yang berlaku di Indonesia. Kedua kapal tersebut terbukti bersalah telah melakukan kegiatan ilegal fishing di perairan Indonesia khususnya di wilayah Perairan Natuna Utara.

“Iya benar, ada 2 kapal berbendera asing yang kita telah tenggelamkan pada hari Minggu (26/9/2021) lalu. Itu sudah melalui proses hukum dan sudah inkrah,” kata Roy Huffington Harahap kepada media usai rapat paripurna di DPRD Anambas, Kamis (29/9/2021).

Roy Huffington Harahap menambahkan bahwa, kegiatan eksekusi Kapal Ikan Asing (KIA) sebanyak dua unit kapal yakni KIA KG 94059 TS dan KIA BT 97901 TS itu oleh jaksa eksekutor dipimpin langsung olehnya dan disaksikan oleh masyarakat dan nelayan.

“Eksekusi ini untuk memberikan efek jera agar kapal lainnya berpikir dua kali untuk melakukan kegiatan ilegal fishing di perairan Indonesia. Hal ini tentunya berdampak positif terhadap pendapatan nelayan kita, ketika kapal asing tidak ada maka sumber daya perikanan nelayan kita yang memanfaatkannya,” imbuhnya.(MK/Darwin)

Print Friendly, PDF & Email