Jadi Salah Satu Pintu Masuk, KKP Tanjungpinang Siap Sambut PMI

Kepala KKP Kelas II Tanjungpinang Agus Jamaludin. (F:ist)

TANJUNGPINANG (marwahkepri.com) – Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas II Tanjungpinang mengaku siap menyambut Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang kembali ke tanah air di Pelabuhan Sri Bintan Pura. Hal itu menyusul ditetapkannya Tanjungpinang sebagai salah satu pintu masuk PMI.

“Sesuai dengan Keputusan Satuan Tugas Penanganan COVID-19, ada dua pintu masuk WNI-MKPO (warga Negara Indonesia – korban perdagangan orang) di Kepulauan Riau. Salah satunya di Pelabuhan Sri Bintan pura, di Tanjungpinang,” sebut Kepala KKP (Kantor Kesehatan Pelabuhan) Kelas II Tanjungpinang Agus Jamaludin, Selasa (21/9/2021).

Kata Agus, ada sejumlah prosedur operasi standar yang akan dilakukan, terkait kepulangan para pekerja migran. 

“Saat kapal bersandar, tentunya kita akan melihat kelengkapan dokumen kapal. Setelah semua lengkap, kita arahkan penumpang untuk turun per 10 orang. Nanti akan dilakukan disinfeksi kepada penumpang dan barang bawaannya,” jelas Agus.

Kapal yang mengangkut para pekerja migran tersebut juga akan dilakukan disinfeksi. Selanjutnya akan dilakukan screening. Mulai dari mengecek suhu tubuh sampai saturisasi oksigen. Juga akan dilakukan tes antigen.

“Kalau PCR kan lama prosesnya. Kalau antigen kan 15 menit sudah bisa tahu hasilnya. Tapi nanti tetap kita lakukan PCR secara acak,” ungkap Agus.

Mereka yang sehat, dapat meneruskan proses karantina selama delapan hari di lokasi yang telah ditentukan.

“Sedangkan yang hasilnya positif, langsung kita pisahkan,” tuturnya. (mk/mc)

Print Friendly, PDF & Email