Pemilik Fasilitas Publik, Ini Caranya Dapatkan QR Code PeduliLindungi

Ilustrasi. (F:net)

TANJUNGPINANG (marwahkepri.com) – Pemerintah mulai menerapkan peraturan dimana semua fasilitas publik baik perkantoran, pusat perbelanjaan, pabrik, bahkan kedai kopi wajib memberlakukan pindai QR Code pada aplikasi PeduliLindungi.

Lalu bagaimana caranya pemilik fasilitas publik mendapatkan QR Code PeduliLindungi tersebut dari Kementerian Kesehatan. Ternyata caranya cukup mudah loh.

Kepala KKP (Kantor Kesehatan Pelabuhan) Kelas II Tanjungpinang Agus Jamaludin mengatakan untuk mendapatkan QR Code cukup mengajukan permohonan tertulis ke Kementerian Kesehatan. Permohonan dialamatkan ke registrasi.qrpl@kemenkes.go.id

“Dengan surat elektronik saja. Tidak perlu ke Jakarta,” jelas Agus. 

Tidak perlu bingung, karena format surat permohonan sudah tersedia. Dapat dicari di mesin pencari google. Setelah mengirimkan permohonan, maka akan menerima balasan berisi nama pengguna dan kata kunci. Pendaftaran dinyatakan lengkap atau selesai, jika pemohon sudah melakukan konfirmasi melalui surat elektronik.

“Nanti setelah itu ada beberapa tahapan yang perlu dilakukan dengan mengisi data lokasi. Setelah itu selesai, nanti tinggal mencetak brosur QR Code yang untuk dipindai oleh masyarakat,” jelas Agus.

Nantinya setiap masyarakat harus menggunakan aplikasi PeduliLindungi ini dalam setiap aktifitas. Bagi masyarakat yang tidak melakukan vaksinasi COVID-19 tanpa alasan medis, maka beresiko tidak dapat mengakses fasilitas publik. (mk/mc)

Print Friendly, PDF & Email