ABK KM. Star 86 yang Terpeleset ke Laut Akhirnya Ditemukan

Reki Heriadi (22) usai ditemukan. (F:ist)

ANAMBAS (marwahkepri.com) – Tim SAR Gabungan yang terdiri dari Basarnas, Polairud, dan BPBD Kabupaten Kepulauan Anambas dan sejumlah nelayan akhirnya berhasil menemukan korban laka laut atas nama Reki Hariadi.

Berdasarkan kronologi kejadian, Reki yang merupakan ABK KM. Star 86 terpeleset saat mencuci tangan di belakang kapal, sehingga korban pun terjatuh ke laut.

Setelah itu, korban sempat terombang-ambing di laut selama 2 malam dengan hanya berbekal celana pendek hitam yang dipakai saat terjatuh. Kemudian korban pun hanyut sampai pulau Tokong Malang Biru.

Tim SAR Gabungan pun melakukan pencarian dengan jarak pandang menggunakan teropong ada kelihatan orang yang sedang melambai-lambaikan tangan.

Kemudian tim bergerak cepat menuju lokasi menggunakan Rigid Inflatable Boat (RIB) Basarnas tetapi tidak bisa merapat dikarenakan angin kuat dan gelombang saat itu cukup tinggi. Saat tiba di pulau Tokong Malang Biru, tim melihat ada orang melambai-lambaikan tangan, orang tersebut tak lain adalah Reki.

Sekitar pukul 10.00 WIB, Reki ditemukan di atas bukit Tokong Malang Biru dengan kondisi selamat. Kemudian tim menyuruh korban turun dari tebing untuk terjun ke laut.

Selanjutnya, salah seorang anggota Basarnas melompat ke laut sambil melemparkan pelampung kepada korban untuk dievakuasi ke dalam RIG Basarnas dan korban pun selamat dalam keadaan sehat.

Tim Gabungan Basarnas saat melakukan evakuasi korban di Pulau Tokong Malang Biru. (F:ist)

Setelah menyelamatkan Reki, sekira pukul 10.20 WIB, tim menuju KM. Star 58 menjemput abang korban yang ikut mencari korban.

“Setibanya di KM. Star 58 abang korban histeris menangis senang karena adik kandungnya telah ditemukan dengan kondisi selamat. Abang si korban ucapkan terima kasih pada tim basarnas dan gabungan yang telah menemukan adek saya,” ucap abangnya kepada tim gabungan basarnas.

Reki pun segera dibawa Tim SAR gabungan ke pelabuhan Sri Siantan Tarempa, disana keluarga dan kerabat Reki juga telah menunggu kedatangannya. Selanjutnya, Reki dibawa ke RSUD Tarempa untuk dilakukan pengecekan kesehatan.

Sebelumnya, Reki Heriadi (22) warga Desa Pesisir Timur, Kecamatan Siantan, Kabupaten Kepulauan Anambas adalah Anak Buah Kapal (ABK) KM. Star 86 yang sempat dilaporkan hilang disekitar perairan Tokong Malang Biru sejak Minggu 19 September 2021.

“Alhamdulillah, Alhamdulillah..kami pihak keluarga mengucapkan terimakasih. Berkat kerja keras dan kekompakan para tim penyelamat, adek saya akhirnya ditemukan dalam kondisi selamat,” ucap salah seorang kerabat Reki Heriadi.(MK/Darwin)

Print Friendly, PDF & Email