Sudah Diuji Klinis, Pfizer Sebut Vaksinnya Aman untuk Anak 5 Tahun

Foto:net

JAKARTA (marwahkepri.com) – Produsen vaksin Pfizer dan BioNTech menyebut bahwa vaksin COVID-19 buatannya aman dan membentuk kekebalan tubuh pada anak-anak berusia 5-11 tahun. 

Saat ini Pfizer berencana meminta izin penggunaan vaksin untuk anak-anak di Amerika Serikat, Eropa dan di negara lainnya. Perusahaan mengatakan vaksin COVID-19 dengan dua suntikan akan menghasilkan respons kekebalan pada anak berusia 5 hingga 11 tahun dalam uji klinis Fase II/III.

“Sejak Juli, kasus COVID-19 pada anak-anak telah meningkat sekitar 240 persen di Amerika Serikat, sehingga masyarakat membutuhkan vaksinasi,” kata Kepala Eksekutif Pfizer Albert Bourla dalam keterangan tertulisnya.

Hasil uji klinis ini akan diserahkan kepada lembaga obat dan makanan Amerika Serikat FDA dan lembaga sejenis di negara-negara lain.

Rawat inap dan kematian akibat COVID-19 di Amerika Serikat terus melonjak dalam beberapa bulan terakhir akibat Varian Delta yang sangat menular. Naiknya kasus terutama di daerah dengan tingkat vaksinasi yang rendah.

Kasus pediatrik juga meningkat, terutama karena anak-anak di bawah 12 tahun belum divaksinasi. Namun varian Delta ini tidak lebih berbahaya bagi anak-anak. (mk/tem)

Print Friendly, PDF & Email