Sebanyak 471 Peserta Ikuti PUK PPPK Guru di Anambas

Para peserta saat mengikuti PUK PPPK Guru tahun 2021 di SMPN 2 Tarempa. (F:ist)

ANAMBAS (marwahkepri.com) – Pemerintah Daerah Kabupaten Kepulauan Anambas melalui Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga menggelar pelaksanaan uji kompetensi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) guru tahun 2021 di SMPN 2 Siantan, Senin (13/9/2021) yang juga digelar secara serentak atau nasional.

Pelaksanaan Ujian Kompetensi (PUK) PPPK perdana di Kabupaten Kepulauan Anambas yang digelar secara serentak atau nasional.

Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Kepulauan Anambas, Nurman menjelaskan, mekanisme penerimaan PPPK Guru tahun 2021 diatur oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, dan setiap daerah baik tingkat provinsi dan kabupaten/kota hanya sebagai Pelaksanaan Uji Kompetensi (PUK).

“Berdasarkan penjelasan yang disampaikan oleh Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Kepulauan Anambas bahwa untuk di Kabupaten Kepulauan Anambas mekanisme pelaksanaannya dibagi menjadi 3 gelombang dengan jumlah peserta 471 dengan rincian 381 untuk guru pendidikan dasar (SD dan SMP) dan 90 untuk pendidikan menengah (SMA dan SMK),” jelas Nurman.

Nurman menyampaikan, dalam struktur organisasi panitia daerah untuk ketua adalah Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Provinsi Kepulauan Riau sedangkan untuk Wakil Ketua adalah Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Kepulauan Anambas dan sebagai pelaksana menentukan tempat PUK adalah Kepala Sekolah SMPN 2 Siantan sebagai lokasi ujian dilaksanakan.

Nurman juga menyebutkan dalam pelaksanaan PPPK Guru tahun 2021, Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga sebagai penunjang kegiatan seperti menyediakan staf pengamanan, peralatan serta koordinasi kepada dinas ke dinas terkait yang ikut serta dalam mendukung pelaksanaan PPPK tahun 2021 di Kabupaten Kepulauan Anambas.

Ia juga menyampaikan, dalam pelaksanaan PPPK Guru tahun 2021 di Kabupaten Kepulauan Anambas untuk pelaksanaannya dalam 1 hari terdapat 2 sesi dan memiliki 2 ruang ujian yang mana didalam 1 ruangan berisi 30 orang sehingga total peserta ujian dalam 1 hari berjumlah 120 orang. Pelaksanaan ujian dengan jumlah peserta 471 orang berlangsung selama 4 hari.

Nurman menambahkan bahwa pelaksaan ujian kompetensi tetap menerapkan protokol kesehatan dengan ketat.

“Sebelumnya peserta mengikuti ujian, sudah dilakukan rapid antigen dan penerapan protokol kesehatan ketat dilaksanakan dengan menggunakan masker serta jarak peserta dengan peserta lainnya sudah diatur,” ujarnya.

Tak lupa ia berpesan dan berharap kepada seluruh peserta ujian PPPK Guru tahun 2021 untuk lebih proaktif bertanya dan mencari informasi mengenai jadwal pelaksanaan ujian sehingga tidak tertinggal informasi.(MK/Darwin)

Print Friendly, PDF & Email