Pemerintah Perketat Semua Jalur Masuk, Akui Kebobolan Varian Delta via Laut

Foto : Ilustrasi (net)

JAKARTA (marwahkepri.com) – Pemerintah kini memperketat pintu keluar masuk baik darat, udara, maupun jalur laut dengan mewajibkan orang yang datang sudah divaksinasi dan dites COVID-19 PCR tiga kali.

Hal tersebut diungkap Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin dalam rapat kerja bersama Komisi IX DPR RI Selasa (14/9/2021). Ia mengaku Indonesia kebobolan varian Delta via jalur laut. 

“Perlu disadari bahwa pintu masuk kemarin pada Delta kemarin kebobolan, makanya kita lupa menjaga dari sisi lautnya, karena banyak kapal-kapal pengangkut barang yang masuk ke Indonesia dari India. Krunya diizinkan keluar sehingga menularkan,” kata Menkes Budi.

Sejauh ini, banyak WNA maupun WNI yang baru tiba ternyata positif COVID-19 padahal membawa surat negatif Corona. Paling banyak dari Arab Saudi, Malaysia, hingga Uni Emirat Arab.

“Untuk itu kita akan segera melakukan kerja sama bilateral dengan Kemenkes di tiga negara itu untuk memastikan untuk membatasi lab-lab apa saja yang boleh kita terima, yang bersertifikasi dengan baik di otoritas lokalnya untuk memastikan bahwa test PCR-nya memang bagus,” sambung dia.

Sejak pertama kali ditemukan, varian Delta sudah mendominasi ke seluruh provinsi di Indonesia kecuali Sulawesi Barat. Sampel yang paling banyak teridentifikasi varian Delta ada di DKI Jakarta dengan lebih dari 800 kasus. (mk/dtk)

Print Friendly, PDF & Email