Dishub LH Anambas Imbau Kendaraan Roda Empat Tak Melintas di Jembatan SP

Tampak kondisi jalan Jembatan SP saat ini. (F:ist)

ANAMBAS (marwahkepri.com) – Dinas Perhubungan Lingkungan Hidup  (Dishub LH) Kabupaten Kepulauan Anambas mengimbau kepada seluruh masyarakat yang memiliki kendaraan roda empat (R4) agar tidak melintasi jembatan Selayang Pandang (SP) yang saat ini kondisinya sedang rawan. Sebab tiang-tiang SP 1 yang sudah berkarat dikhawatirkan bisa rubuh jika dilalui oleh kendaraan roda empat dengan beban berat.

“Kita mengimbau kepada seluruh masyarakat yang memiliki kendaraan R4 atau mobil agar tidak melewati jembatan SP. Saat ini kondisi jembatan SP itu sedang kritis, sebab semua tiangnya sudah keropos,” kata Kepala Dishub LH Kepulauan Anambas, Ekodesi kepada wartawan, Selasa (7/9/2021).

Ekodesi juga menambahkan agar masyarakat bersabar menunggu proses pembangunan SP2 yang saat ini sedang dikerjakan, sehingga masyarakat yang melintas akan merasa nyaman karena tiangnya kokoh dan bisa dinyatakan aman untuk dilalui dengan beban tertentu.

“Kita mengimbau agar masyarakat bersabar. Jika nanti jembatan SP 2 sudah selesai bisa dilalui oleh kendaraan roda empat namun dengan beban tertentu,” ujarnya.

Sebelumnya kata Ekodesi, jembatan SP dibuat penghalang dari semen. Namun karena ada kepentingan darurat sehingga diputuskan dibuka. Namun dengan kesadaran masyarakat diharapkan agar tidak melalui jembatan SP dengan mobil jika itu bukan emergency (bahaya).

“Dulu sudah pernah dibuat penghalang dari semen, namun ketika darurat seperti ambulans mau membawa pasien itu kan mendesak sehingga dibuka. Tapi kalau tidak darurat sebaiknya jangan pakai mobil lah, pakai motor kan masih bisa dilalui,” ujarnya. 

Dia mencontohkan kendaraan mobil Bupati dan Wakil Bupati Anambas tidak melalui jembatan tersebut, mobil kendaraan dibuat diseberang jembatan SP. Bahkan Bupati dan Wakil Bupati Anambas ketika melintasi jembatan SP itu menggunakan sepeda motor.

“Kita sebenarnya bisa mencontoh pak bupati maupun pak wakil bupati selalu naik sepeda motor jika lewat SP. Mobil diparkir diseberang jembatan atau sebelum SP. Itu seharusnya bisa kita contoh,” ujarnya.(MK/Darwin)

Print Friendly, PDF & Email