Andalkan Laut sebagai Pariwisata, Dishub LH Anambas Imbau Masyarakat Tak Buang Sampah Sembarangan

Tampak sampah berserakan di Pelabuhan Pemda. (F:ist)

ANAMBAS (marwahkepri.com) – Pemerintah daerah Kabupaten Kepulauan Anambas melalui Dinas Perhubungan dan Lingkungan Hidup (Dishub LH) mengimbau agar masyarakat tidak membuang sampah ke laut. Sampah rumah tangga agar dibuang ke tempat yang telah disediakan sehingga laut bersih dari sampah.

“Kami mengimbau agar masyarakat janganlah membuang sampah rumah tangga secara sembarangan. Buanglah sampah pada tempat sampah yang telah disediakan,” kata Kepala Dishub LH Kepulauan Anambas, Ekodesi, kepada media ini, Selasa (7/9/2021).

Ekodesi juga menyampaikan, daerah Kabupaten Kepulauan Anambas masih memiliki air laut yang jernih sehingga sangat disayangkan jika dikotori oleh sampah. Sebagai daerah kepulauan yang mengandalkan potensi pariwisata, tentunya kebersihan sebagai salah satu penilaian dari para wisatawan yang berkunjung ke Anambas.

“Apalagi daerah kita ini sebagai daerah kepulauan yang tentunya memiliki keindahan dan air laut yang sangat jernih. Jadi, sangat disayangkan ketika air jernih itu dikotori oleh sampah, karena kebersihan merupakan satu nilai plus bagi para wisatawan yang datang berkunjung ke sini. Mereka ketika pulang akan bercerita jika indah memang dikatakan indah, tapi jika kotor mereka juga sampaikan kotor kepada famili mereka,” katanya.

Dishub LH Kepulauan Anambas akan terus memberikan sosialisasi kepada masyarakat agar memiliki kesadaran yang tinggi dalam membuang sampah ke tempatnya. Kebersihan merupakan suatu modal dasar dalam dunia pariwisata tentunya perlu kerjasama semua pihak agar program bersih dari sampah ini bisa terwujud.

“Kita tidak bisa sendirian, harus bersama-sama dalam menjaga kebersihan lingkungan. Karena kebersihan itu merupakan cerminan dari suatu daerah. Kita tidak ingin hanya karena kotor para wisatawan nanti enggan datang kesini. Ini yang perlu kita ketahui bersama,” ujarnya.(MK/Darwin)

Print Friendly, PDF & Email