Mulai Hari Ini RSUD Palmatak Sementara Ditutup

Foto:istimewa

ANAMBAS (marwahkepri.com) – Unit Pelaksana Teknis (UPT) Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Palmatak ditutup sementara sebagai langkah pencegahan penyebaran Corona Virus Disease.

Hal tersebut dibenarkan oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kepulauan Anambas.

“Sesuai dengan SOP protokol COVID-19, ditutup sementara untuk dilakukan sterilisasi,” ujar Herianto selaku Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kepulauan Anambas kepada media ini, Jumat (30/07/2021).

Herianto menjelaskan, penutupan itu dilakukan untuk proses sterilisasi ruangan dalam pencegahan penyebaran virus Corona.

“Sterilisasi dengan menyemprot cairan disinfektan di sejumlah ruangan. Kita ketahui beberapa hari ini, pasien dan tenaga medis terpapar COVID-19 di Anambas semakin meningkat. Ini sebagai langkah pencegahan,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala UPT RSUD Palmatak, dr Windra ketika dikonfirmasi membenarkan, bahwa pelayanan di UPT RSUD Palmatak untuk sementara ditutup.

“Untuk sementara, kita tidak terima pasien yang baru masuk. Namun kita masih melayani pasien yang lama (pasien masih dirawat inap),” ucapnya.

Dr Windra menjelaskan, bahwa sebanyak 18 tenaga kesehatan di UPT RSUD Palmatak terpapar COVID-19. Adapun tenaga kesehatan yang terpapar yakni: dokter spesialis, dokter umum, fisioterapi, perawat, bidan, staf non medis serta beberapa tenaga kesehatan dan non kesehatan lainnya yang isolasi mandiri karena kontak erat dengan pasien positif.

“Hal itu dilakukan setelah 18 petugas kesehatan RSUD Palmatak positif terpapar virus Corona atau COVID-19 pada hari ini, Jumat (30/07/2021). Sehingga UPT RSUD Palmatak mengalami kekurangan tenaga medis,” jelasnya.

Dr Windra menyampaikan, mulai besok hari Sabtu 31 Juli 2021 sampai batas waktu yang belum ditentukan, pelayanan di UPT RSUD Palmatak sementara ditutup.

“Untuk sementara waktu akan kita lakukan proses tracing dan sterilisasi area RSUD Palmatak demi menjamin pelayanan kesehatan yang bebas dari penyebaran COVID-19. Atas nama UPT RSUD Palmatak mohon maaf dan atas perhatiannya kami ucapkan terimakasih,” tutupnya.(MK/Darwin)

Print Friendly, PDF & Email