Ilham Kauli: Tingkatkan Pelayanan Masyarakat, Kita Buka Sabtu Minggu

Kadisduk Capil Kabupaten Natuna, Ilham Kauli saat ditemui di ruang kerjanya, Senin (26/7/2021) pagi. (F:ist)

NATUNA (marwahkepri.com) – Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Kadisduk Capil) Kabupaten Natuna, Ilham Kauli mengatakan Kementerian Dalam Negeri telah memberi intruksi terkait peningkatan pelayanan terhadap masyarakat.

Menyikapi hal tersebut, Disduk Capil Natuna, mengawalinya dengan visi dan misi pelayanan mereka.

Ungkapan tersebut dikatakan Ilham Kauli, saat dimintai keterangan oleh media ini, di ruang kerjanya, jalan Datuk Kaya Wan Mohd Benteng, Kecamatan Bunguran Timur, Senin (26/7/2021) pagi.

“Visinya antara lain, profesional, berkualitas dan membahagiakan masyarakat, sementara misinya yaitu, meningkatkan integeritas sumber daya manusia, meningkatkan sarana prasarana penunjang pelayanan, dan yang ketiga memberi pelayanan paripurna kepada masyarakat,” kata lelaki yang akrab disapa Ilham itu.

Sambung Ilham, memasuki area pandemi saat ini, kebijakan pemerintah pusat dan daerah tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat di (PPKM) baik pelayanan secara tatap muka Disduk Capil Natuna, tetap mengutamakan penerapan protokol kesehatan.

“Selain tatap muka, juga bisa melalui daring seperti mengurus KTP hilang, sesuai persyaratan harus memberi bukti surat kehilangan dari polisi,” cetusnya.

Oleh karenanya, demi meningkatkan sistem pelayanan terhadap masyarakat serta dapat menerapkan PPKM, ia berujar, kurang lebih dua tahun Disduk Capil Natuna, membuka pelayanan pada saat hari libur nasional yakni Sabtu dan Minggu.

“Sudah kami atur piket para pegawai untuk masuk ke kantor pada hari libur, guna meringankan urusan masyarakat yang tidak ada waktu untuk mengurus suatu keperluan pada jam hari kerja mereka,” ucap Ilham.

Dirinya menilai sejauh ini masyarakat Natuna masih terbiasa berurusan pada hari-hari jam kerja.

“Mungkin masyarakat kita tidak terbiasa ke kantor pada hari kerja. Tapi ada juga yang datang pada hari-hari libur,” tutupnya. (mk/zani)

Print Friendly, PDF & Email