Permudah Nelayan dan Ciptakan Destinasi Wisata Baru, Pemdakab Pelalawan akan Normalisasi Sungai Kerumutan

Wakil Bupati Kabupaten Pelalawan H. Nasaruddin,SH memberi keterangan. (F:ist)

PELALAWAN (marwahkepri.com) – Semenjak sah dilantik sebagai Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Pelalawan pada 26 April lalu, H. Zukri Misran,SE dan H. Nasaruddin,SH terus melakukan pergerakan untuk pembenahan Kabupaten Pelalawan.

Tidak tanggung-tanggung, bahkan mereka terlihat jarang ada di kantor karena lebih menyibukkan diri untuk turun langsung ke desa-desa dalam meninjau kondisi di pelosok daerah.

Misalnya saja pada Sabtu (10/7/2021) lalu, Wakil Bupati Kabupaten Pelalawan H. Nasaruddin,SH berkunjung ke Kecamatan Kerumutan untuk meninjau kondisi Sungai Kerumutan.

Kunjungan tersebut bukan hanya semata-mata untuk melihat-lihat keadaan sungai, melainkan guna untuk melakukan normalisasi pada Sungai Kerumutan.

Tindakan ini dilakukan karena Sungai Kerumutan sebagian besarnya telah tertutup oleh gulma atau tumbuhan yang sering juga disebut kumpai di daerah itu.

Wakil Bupati Kabupaten Pelalawan H. Nasaruddin,SH dan rombongan menyusuri Sungai Kerumutan. (F:ist)

Akibat dari banyaknya gulma yang menutupi sebagian besar sisi sungai, para nelayan menjadi kesulitan melewati sungai untuk mencari ikan.

Hal itu juga berakibat buruk pada perkembangan perekonomian warga setempat karena sebagian besar bekerja dan mencari makan sebagai nelayan.

Untuk mengatasi masalah yang menjadi kendala utama nelayan setempat dalam mencari nafkah itu, oleh karenanya Pemerintah Daerah Kabupaten Pelalawan akan memberikan solusi dengan melakukan normalisasi sungai.

Saat kunjungan tersebut, Nasaruddin menegaskan bahwa pemerintah akan menormalisasi sungai itu.

“Kita akan melakukan normalisasi dan akan membuka jalan kembali dengan luas 50 meter. Akan kita tembuskan ke Kecamatan Teluk Meranti,” ucap Wakil Bupati Kabupaten Pelalawan saat itu.

Berfoto bersama. (F:ist)

Menurutnya, upaya yang akan dilakukan pemerintah daerah (pemda) bukan hanya untuk memudahkan nelayan, namun juga untuk menciptakan destinasi wisata baru ditempat itu kedepannya.

“Selain untuk memudahkan nelayan mencari ikan, juga sebagai sarana pariwisata Kabupaten Pelalawan kedepannya,” ujar Nasaruddin.

Dalam melakukan normalisasi, Pemdakab Pelalawan tidak hanya bekerja sendiri, melainkan akan meminta keterlibatan pihak perusahan yang ada di Kecamatan Kerumutan.

“Kita akan melibatkan semua perusahaan yang ada di Kecamatan Kerumutan untuk kerjasama melalui program CSR,” tandasnya.

Tidak hanya itu, ternyata tujuan lain Pemdakab Pelalawan dibawah kepemimpinan Zukri-Nasaruddin dalam normalisasi tersebut, yaitu agar tidak ada lagi pembalakan liar di wilayah tersebut.

“Agar nanti setelah jalan sungai ini di normalisasi, tidak ada lagi pembalakan liar. Jika masih terdapat pembalakan liar, akan kami tindak tegas,” pungkas sang wabup.

Pada kegiatan peninjauan itu, turut serta Wakil Ketua DPRD Kabupaten Pelalawan H. Anton Sugiarto, Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Pelalawan Imustiar,S.IP, Anggota Komisi III DPRD Kabupaten Pelalawan Suwandi,ST, perwakilan pihak Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Pelalawan, Camat Kecamatan Kerumutan Husnizal, pimpinan atau perwakilan perusahaan yang ada di Kecamatan Kerumutan serta tokoh masyarakat setempat. (Advertorial/Abdul)

Print Friendly, PDF & Email