Rayakan Idul Adha, IKABINA Berkurban 1 Ekor Sapi

WARGA Ikabina melaksanakan pemotongan satu ekor sapi kurban.(foto:nang)

MARWAHKEPRI.COM, NATUNA – Dalam rangka merayakan Hari Raya Idul Adha 1442 Hijriyah, Ikatan Batak Islam Natuna (IKABINA) melaksanakan pemotongan satu ekor sapi kurban, Selasa 20 Juli 2021.

Pemotongan sapi kurban dilaksanakan usai menunaikan ibadah Sholat Idul Adha. Bertempat di Sekretariat IKABINA, Kelurahan Ranai Darat.

Ketua IKABINA Hasmar Nasution mengatakan, Hari Raya Idul Adha bermakna keteladanan Nabi Ibrahim, yang mampu mentransformasi pesan keagamaan secara nyata dalam perjuangan kemanusiaan.

Peristiwa ini harus dimaknai sebagai pesan simbolik agama, menunjukan ketakwaan, keikhlasan, dan kepasrahan seorang Ibrahim pada Allah sang pencipta.

Lanjut Hasmar, peringatan Idul Adha dan ibadah qurban memiliki tiga makna penting.
Pertama, makna ketakwaan manusia atas perintah sang Khalik, kedua makna sosial dimana Rasulullah memerintahkan orang-orang yang memiliki kelebihan rezeki agar menunaikan perintah qurban, dan ketiga makna kesejahteraan pekurban dapat berbagi dengan masyarakat yang membutuhkan, serta untuk mempererat tali silaturrahmi.

“Harapannya, setiap tahun kita bisa berqurban. Kalau bisa lebih banyak dari hari ini. Supaya kita bisa terus berbagi dengan saudara-saudara kita yang membutuhkan”, ujar Hasmar.

Pelaksanaan kurban di Sekretariat IKABINA berlangsung sederhana tanpa beramai-ramai, mengingat saat ini Natuna masih dalam situasi pandemi Covid-19.(mk/nang)

Print Friendly, PDF & Email