Bukan Jack Ma Lagi, Partner Elon Musk Kini Jadi Orang Terkaya di China

Zeng Yuqun, chairman of Contemporary Amperex Technology Co. (CATL), speaks during an interview in Ningde, Fujian province, China, on Wednesday, June 3, 2020. CATL's battery products are in the vehicles of almost every major global auto brand, and starting this month they'll also power electric cars manufactured by Tesla at its factory on the outskirts of Shanghai. Photographer: Qilai Shen/Bloomberg

BEIJING (marwahkepri.com) – Daftar terbaru orang terkaya China yang dimuat oleh Bloomberg Billionaires Index tidak lagi dipuncaki oleh Jack Ma sang pendiri Alibaba. Dia disalip oleh sosok triliuner bernama Zeng Yuqun.

Zuqun yang berusia 53 tahun kekayaannya kini menurut Bloomberg tembus USD 49,5 miliar dan menjadi manusia paling tajir di China. Ia menyalip Jack Ma yang sekarang banyak menyepi setelah mengkritik sistem keuangan pemerintah China. Harta Jack Ma di kisaran USD 48,1 miliar.

Zeng adalah pendiri Contemporary Amperex Technology (CATL), produsen baterai mobil listrik terbesar di dunia. CATL pula yang menjadi pemasok baterai untuk perusahaan mobil listrik andalan Elon Musk, Tesla. Harga saham CATL terus naik, seperti halnya Tesla.

Zeng Yuqun mengaku kerap berkomunikasi dengan Elon terkait perkembangan teknologi dan bisnis. “Kami akrab dan dia adalah pria yang menyenangkan,” kata Zeng mengenai Elon.

“Peringkat orang terkaya dulu biasanya didominasi oleh konglomerat di sektor real estate dan kemudian teknologi, dan sekarang kita melihat lebih banyak dari sektor energi baru,” cetus Hao Gao, pengamat dari Tsinghua University.

Pada tahun 2020, CATL melaporkan pendapatan senilai USD 7,3 miliar. Sedangkan harga saham perusahaan ini telah meroket 20 kali lipat sejak melantai di bursa saham Shenzhen pada tahun 2017. Tahun ini saja lonjakannya mencapai 59%.

Seperti dilansir dari International Business Times, China juga semakin giat mengembangkan industri kendaraan listrik. Negeri Tirai Bambu menargetkan mencapai tahap bebas emisi karbon pada tahun 2060.

Zeng sendiri dibesarkan di wilayah Fujian dan memegang gelar doktor dari Chinese Academy of Sciences. Sebelum mendirikan perusahaan baterai, dia bekerja di perusahaan kapal milik negara.

Kurang dari satu dekade sejak mendirikan CATL pada tahun 2011, Zeng Yuqun mampu menjadikan perusahaannya sebagai produsen baterai isi ulang untuk kendaraan paling besar di dunia. Selain Tesla, CATL juga memasok baterai untuk kendaraan BMW, Volkswagen sampai Geely. Kini, Zeng pun menyalip Jack Ma. (mk/dtc)

Print Friendly, PDF & Email