Sekda Sahtiar Resmikan Redkar di Jemaja Timur

ANAMBAS (marwahkepri.com) – Pemerintah Daerah Kabupaten Kepulauan Anambas terus melakukan pengembangan dan pergerakan untuk turun langsung ke masyarakat sebagai bentuk pengabdian dan pelayanan.

Untuk meningkatkan profesionalisme dalam pelayanan masyarakat di Kepulauan Anambas, Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran (Satpol PP dan Damkar) Kabupaten Anambas melaksanakan suatu pelatihan pembentukan dan pembinaan relawan pemadam kebakaran (redkar) Kabupaten Kepulauan Anambas (KKA) tahun 2021.

Pelatihan ini meliputi pengetahuan dasar-dasar pemadam serta penyelamatan, kebakaran dan kerjasama tim penguatan fisik yang berisi tentang kepelatihan bagi masyarakat yang terpilih untuk persiapan kesiapsiagaan penanggulangan kebakaran baik dilingkungan pemukiman maupun hutan dan lahan di wilayah Kabupaten Kepulauan Anambas.

Kegiatan ini dimulai dengan pelaksanaan upacara pembukaan pelatihan pembentukan dan pembinaan redkar Kabupaten Anambas tahun 2021 dipimpin langsung oleh Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) Anambas di Kantor Kecamatan Jemaja Timur, Rabu (07/07/2021).

Sekretaris Daerah Kabupaten Kepulauan Anambas, Sahtiar, SH.,MM dalam pidatonya menyampaikan rasa bangga kepada peserta pelatihan pembentukan dan pembinaan redkar atas antusias dan semangatnya mengikuti kegiatan ini. 

“Tetap semangat, jaga kekompakan dan rasa kekeluargaan dalam menjadi satu tim kerja, karena semua itu adalah kunci dari kerjasama yang baik. Saya mewakili Bupati Kepulauan Anambas mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya atas dukungan dari pihak kecamatan, TNI, Polres Kepulauan Anambas, Basarnas, dan pihak lainnya untuk kontribusinya dalam kegiatan pelatihan ini,” sebutnya.

Suasana upacara peresmian redkar Anambas 2021 di Jemaja Timur. (F:ist)

Sahtiar berpesan untuk mendukung kegiatan pemberdayaan masyarakat dalam pencegahan kebakaran hendaknya relawan pemadam kebakaran dapat mengikuti pelatihan ini dengan sebaik-baiknya dan pada saatnya nanti dapat membantu pemerintah daerah dan masyarakat apabila terjadi bencana kebakaran atau bencana lainnya disekitar tempat tinggal kita. 

“Saya harapkan seluruh peserta agar serius menjalani kegiatan pelatihan ini. Nanti ada saatnya tenaga tim ini dibutuhkan oleh masyarakat,” harapnya.

Sementara itu, Kepala Bidang (Kabid) Damkar Satpol PP Kabupaten Anambas, Richart Sihombing, SE mengatakan, pembekalan pengetahuan dasar, penguatan fisik dan kerjasama bagi peserta relawan pembentukan dan pembinaan pemadam kebakaran harus dilakukan secara rutin, karena mengingat pentingnya redkar ini diselenggarakan

“Di saat pelatihan ada instruktur dari Polres, Koramil dan Satpol PP dan Damkar Anambas. Kita berharap pelatihan ini bermanfaat bagi peserta karena suatu saat tenaga dan kemampuan mereka pasti akan dibutuhkan,” kata Richart.

Richart juga mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas dukungan dari pihak TNI, Polres Kepulauan Anambas, Basarnas, dan pihak kecamatan lain untuk berkontribusi dalam pelatihan ini.

Untuk diketahui, bahwa sebelumnya redkar juga sudah dibentuk di lapangan sepakbola desa Payalaman, Kecamatan Palmatak pada bulan April yang lalu. (MK/Darwin)

Print Friendly, PDF & Email