Tujuh Provinsi Disebut Harus Waspadai Kasus Varian Delta, Kepri Termasuk

Foto : Ilustrasi (net)

JAKARTA (marwahkepri.com) – Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menyebut ada tujuh daerah di luar Jawa – Bali yang harus mulai waspada terhadap varian Delta.

mengatakan pemerintah saat ini telah mencoba mengantisipasi lonjakan kasus COVID-19 di daerah-daerah akibat varian Delta. Ia mengatakan ada tujuh daerah di luar Jawa – Bali yang harus mulai waspada terhadap varian ini.

“Kami sudah lihat ada lima provinsi di Sumatera dan dua provinsi di Kalimantan yang kita harus hati-hati, agar kita bisa mempersiapkan dengan baik,” kata Budi dalam konferensi pers daring, Selasa (6//7/2021).

Ketujuh daerah itu adalah Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, Riau, Kepulauan Riau, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, dan Lampung. Beberapa langkah disebut Budi sudah diambil untuk mengantisipasi terjadinya lonjakan kasus di sana.

“Kami juga sudah mencoba mengantisipasi karena delta ini naiknya sangat cepat,” kata Budi.

Varian Delta alias varian COVID-19 jenis mutasi B1617 pertama kali ditemukan di India. Dari empat varian baru yang berkembang, varian Delta dinyatakan sebagai paling berbahaya, dengan daya tular 97 persen lebih tinggi. Diikuti oleh varian Gamma (Brasil) 38 persen, Alpha (Inggris) 29 persen, dan Beta (Afrika Selatan) 25 persen. (mk/tem)

Print Friendly, PDF & Email