Matangkan Persiapan, Disdikpora Lingga Gelar Rakor Asesmen Nasional 2021

Saat berlangsungnya Rapat Koordinasi (Rakor) di aula Hotel Gapura, Kecamatan Singkep, Kabupaten Lingga. (F:ist)

LINGGA (marwahkepri.com) – Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Lingga menggelar rapat koordinasi teknis pelaksanaan Asesmen Nasional (AN) tahun 2021di aula hotel Gapura, Kecamatan Singkep, Kabupaten Lingga, Provinsi Kepulauan Riau.

Kegiatan yang telah memenuhi Standar Operasional Prosedur (SOP) protokol kesehatan ini, diikuti puluhan utusan Kepala SD, SMP, SMA, serta Pengawas dan Operator sekolah se-Kabupaten Lingga.

Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Lingga, Junaidi Adjam yang membuka lansung kegiatan tersebut mengatakan, Asesmen Nasional bertujuan untuk memverifikasi dan validasi TIK terkait kesiapan sekolah SD, SMP, SMA/SMK se-Kabupaten Lingga.

“Program penilaian terhadap mutu setiap sekolah, madrasah, dan program kesetaraan pada jenjang dasar dan menengah, tentunya menjadi tolok ukur tentang kekuatan dan kelemahan sekolah dalam capaian mutu pendidikan, kendala yang terbesar adalah belum tersedianya akses perangkat IT ( Informasi Teknologi),” kata Junaidi, Selasa (22/06/2021).

Ia menjelaskan, skema evaluasi proses belajar mengajar ini merupakan keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Anwar Makarim, sebagai pengganti Ujian Nasional (UN) pada tahun 2021 yang dilaksanakan pada September mendatang.

“Jadi kita saat ini terus melakukan sosialisasi secara bertahap untuk mempersiapkan Asesmen Nasional nantinya, sebagian besar sekolah SD dan SMP. Alhamdulillah sudah bisa dipersiapkan, ada 138 SD dan 40 SMP yang dipersiapkan untuk menghadapi AN,” ucapnya.

Diketahui, dalam sosialisasi tersebut didatangkan narasumber dari Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Prov.Kepri dan Dinas Pendidikan Kabupaten Lingga untuk mempresentasikan tentang kesiapan sekolah di Kab.Lingga dalam menghadapi Asesmen Nasional (AN). (mk/Willy)

 

Print Friendly, PDF & Email