Atasi Karhutla dan Banjir, Bupati Rokan Hilir Turun ke Lapangan

Berfoto bersama usai peninjauan. (F:ist)

BAGANSIAPIAPI (marwahkepri.com) – Bupati Rokan Hilir Afrizal Sintong langsung turun di tengah-tengah masyarakat saat mendapat informasi, bahwa telah terjadi titik api karhutla di Jalan Satria Tangko, Kepenghuluan Bagan Jawa, Kecamatan Bangko, Kabupaten Rokan Hilir, Sabtu (19/6/2021).

Kedatangan Bupati Rokan Hilir Afrizal Sintong itu bersama rombongan didampingi juga oleh Kapolsek Bangko Kompol Sasli Rais SH, Nasruddin, TNI, Penghulu Bagan Jawa dan pejabat lainnya.

Tampak di lokasi Jalan Satria Tangko itu Bupati Rokan Hilir Afrizal Sintong yang merupakan bupati pilihan masyarakat itu berkoordinasi dengan Kapolsek Bangko Kompol Sasli Rais SH tentang antisipasi atau pencegahan terjadinya kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

Selain Kapolsek Bangko Kompol Sasli Rais,SH Bupati Rokan Hilir Afrizal Sintong juga berkoordinasi dengan sejumlah masyarakat setempat.

Dalam koordinasi itu Bupati Rokan Hilir menyampaikan bahwa, pihaknya akan menurunkan alat berat beko untuk melakukan galian parit-parit tersebut, agar mudah untuk memadamkan karhutla.

“Selain memudahkan pemadaman karhutla, juga bertujuan menghindari banjir yang terjadi di permukiman rumah masyarakat,” jelas Afrizal Sintong. 

“Kalau di beko parit-parit tersebut, air diatas turun dan dibuang ke Sungai Kerang. Kemungkinan akan kita beko di sekeliling permukiman tempat masyarakat kita ini,” paparnya.

Lanjut Afrizal Sintong dalam penyampaiannya, koordinasi pada masyarakat itu paling lambat satu bulan kedepan alat berat beko itu akan diturunkan. 

“Untuk melakukan penggalian parit disekeliling rumah masyarakat Satria Tangko itu. Kalau ada karhutla biar senang mengatasinya,” ujarnya. (Noval)

Print Friendly, PDF & Email