Selain 5M, Satgas Covid-19 Bungtim Bakal Terapkan 1M2K

MARWAHKEPRI.COM.NATUNA – Camat Bunguran Timur, Hamid Hasnan mengatakan selain penerapan Protokol Kesehatan (Prokes) seperti memakai masker, mencuci tangan pakai sabun dan air mengalir, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, membatasi mobilisasi (5M) serta membatasi jam operasional pada waktu malam hari kepada pemilik usaha, pihaknya juga akan segera menerapkan 1 Meja 2 Kursi (1M2K).

Hal tersebut menurut Hasnan, untuk mengurangi serta upaya memutuskan rantai penyebaran COVID-19 yang ada di wilayah Kabupaten Natuna ini.

Aturan itu akan secepatnya diterapkan pada tempat usaha kopi shop, pedagang kuliner seperti pantai piwang dan lamongan. Dengan tujuan agar pengunjung bisa menjaga jarak sesuai dengan aturan yang telah diberlakukan.

“Aturan ini sudah kita coba di warung kopi Hari Dah Sore (HDS), nah jika ini berhasil maka akan kita terapkan pada seluruh pelaku usaha yang berpotensi menimbulkan kerumunan” ucap Hasnan, Kamis (18/6/2021) malam.

Saat dikonfirmasi lebih lanjut terkait Tempat Hiburan Malam (THM), Hasnan mengaku pihaknya sampai saat ini masih mempelajari bagaimana cara agar dapat memberlakukan aturan 1M2K tersebut.

“Malam sabtu atau malam minggu kita akan datangi dulu THM yang ada disekitaran Kota Ranai ini untuk melihat langsung,” kata peria berkacamata itu.

Selain itu dirinya juga berujar, karyawan THM akan diwajibkan untuk menunjukan sertifikat vaksin kepada petugas. Jika belum memiliki sertifikat tersebut, pihaknya akan segera memberi teguran terhadap pemilik THM itu sendiri.

“Demikian juga pengunjungnya, juga wajib menunjukkan sertifikat vaksinnya tanpa ada yang terkecuali,” tegasnya.(mk/zani)

Print Friendly, PDF & Email