Mulai Hari ini, Tes GeNose Bisa Digunakan di Pelabuhan Jagoh Lingga

LINGGA (marwahkepri.com) – Hari ini, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lingga membuka akses tes pendeteksi Covid-19, GeNose sebagai syarat perjalanan menggunakan kapal dari Kabupaten Lingga.

Pemberlakuan tes GeNose tersebut, untuk menekan penyebaran Covid-19 serta memudahkan masyarakat dalam melakukan perjalanan keluar daerah Kabupaten Lingga.

Plt kepala Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DKP2KB) Kabupaten Lingga, Mulkan Azima mengatakan untuk sementara penggunaan tes GeNose saat ini berlaku hanya di pelabuhan Jagoh. Sedangkan pelabuhan Sungai Tenam dan Tanjung Buton akan menyusul.

“Rencana penggunaan GeNose di pelabuhan sudah lama kita bahas, sejak sebulan lalu. Namun, baru terealisasi hari ini,” katanya, Minggu (13/06/2021).

Ia menjelaskan, kali ini pengelolaan tes GeNose ini merupakan pengadaan pihak swasta. Namun, pihaknya telah melakukan koordinasi bersama Polres, KKP dan dinas terkait, hanya tinggal sosialisasi.

“Jadi, nanti untuk pelabuhan Tanjung Buton dan Sungai Tenam, dalam waktu dekat pihak swasta akan tempat dan petugas di sana. Namun mereka ingin melihat dulu jalannya GeNose di Jagoh,” ucapnya.

Adapun biaya tes GeNose tahap awal di Pelabuhan Jagoh yakni sebesar Rp 50.000. Mulkan menuturkan, hal ini wajar karena yang mengelola pihak swasta, nanti seiring berjalannya 2 hingga 3 bulan kedepan akan dievaluasi.

“Ini bukan pengadaan pemerintah, ini swasta. Petugas dari mereka, modal dari mereka, hanya saja mereka beroperasi di pelabuhan sesuai keinginan pemerintah,” ujarnya.

Sementara itu, terkait syarat sebelumnya yang menggunakan surat kesehatan, Mulkan menyebut akan melakukan koordinasi dengan Sekretaris Daerah Lingga untuk melakukan perubahan surat edaran yang diberlakukan.

“Surat sehat masih berlaku karena dulu kita belum ada alat GeNose dan PCR. Sekarang sudah ada GeNose, jadi akan segera dikoordinasikan terkait pemberlakuannya akan diubah,” tutupnya. (mk/Willy)

 

Print Friendly, PDF & Email