Rapat Paripurna DPRD Provinsi Kepri, Sejumlah Fraksi Soroti LPJP APBD Tahun 2020

Suasana rapat paripurna. (F:ist)

TANJUNGPINANG (marwahkepri.com) – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kepri mengelar rapat paripurna di Balairung Raja Khalid Dompak, Tanjungpinang, Rabu (9/6/2021).

Agenda rapat adalah penyampaian pandangan fraksi terkait Laporan Pertangungjawaban Pelaksanaan (LPJP) tahun anggaran 2020.

Rapat dipimpin oleh Wakil Ketua I Dewi Kumalasari. Sejumlah fraksi menyampaikan pandangannya terhadap Ranperda Laporan Pertangungjawaban Pelaksanaan (LPJP) APBD 2020.

Rapat ini merupakan tindak lanjut dari pemaparan Gubernur Kepri, Ansar Ahmad pada sidang paripurna yang sebelumnya berlangsung pada Senin lalu dengan agenda penyampaian LPJP APBD tahun anggaran 2020 oleh Gubernur Kepri.

Sejumlah pejabat dilingkungan Provinsi Kepri seperti Wakil Gubernur, Marlin Agustina dan Sekda Kepri, TS Arif Fadillah turut hadir.

Dalam itu fraksi PDIP pertama kali menyampaikan pandangan oleh H. Lis Darmansyah. Fraksi PDIP menyampaikan beberapa poin catatan yang perlu dibenahi oleh pemerintah. Diantaranya kurang optimalnya indikator pencapaian atau target dari RPJMD tahun 2016 – 2021. Hal itu dilihat dari baru 29 indikator RPJMD yang mencapai target 100 persen. Sehingga masih ada lebih dari 50 persen indikator RPJMD Provinsi Kepri yang tidak tercapai.

Selanjutnya Fraksi PDIP juga turut menyoroti sebaran anggaran dimasing-masing OPD yang tidak proporsional, hal itu dilihat dari pagu dana ke OPD yang cukup besar. Justru capaian kinerjanya kurang maksimal.

Selanjutnya, Muhhamad Syahid Ridho dari fraksi PKS turut menyoroti realisasi anggaran Provinsi Kepri yang mengalami penurunan dibandingkan tahun 2019 dan 2020 lalu yang mencapai hingga 99 persen.

Sehingga kurang maksimalnya upaya pemerintah dalam mendulang pendapatan disektor kemaritiman selama ini.

Setelah masing-masing fraksi menyampaikan pandangannya sidang paripurna ditutup dan akan dilanjutkan dengan agenda jawaban dari pemerintah atas pandangan fraksi tersebut. (L/M)

Print Friendly, PDF & Email