Rapat Laporan Pansus terhadap LKPj APBD Kepri Digelar, Ini Sejumlah Rekomendasinya

Gubernur Kepri H. Ansar Ahmad berfoto bersama Ketua DPRD Jumaga Nadeak didampingi para Wakil Ketua DPRD Kepri. (F:ist)

TANJUNGPINANG (marwahkepri.com) – Pemerintah Provinsi Kepri bersama Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kepri akhirnya menggelar rapat paripurna dengan agenda penyampaian laporan akhir pansus DPRD Kepri terhadap Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPj) APBD Kepri tahun anggaran 2020, Senin (7/6/2021).

Dalam penyampaiannya, Juru Bicara Pansus LKPj Muhammad Taufik menyampaikan bahwa pada laporan LKPj ini terdapat beberapa rekomendasi, evaluasi, saran dan catatan strategis yang disampaikan DPRD Kepri agar kedepannya laporan keuangan APBD Kepri dapat lebih baik lagi.

“Terdapat beberapa rekomendasi yang kami sampaikan kepada pemerintah daerah, yangmana salah satunya masih adanya capaian indikator kinerja APBD yang tidak relevan berjalan,” ujar Muhammad Taufik.

Khususnya, konsistensi penganggaran yang terjadi pada beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kepri.

“Masih banyak anggaran kegiatan di OPD yang masih belum sesuai dengan indikator yang ada pada RPJMD,” lanjut Taufik.

Padahal RPJMD, merupakan dasar utama dan pedoman dalam setiap perencanaan pembangunan di daerah.

“Namun, masih banyak yang kita jumpai program kegiatan yang dilakukan OPD tidak sesuai dengan tugasnya,” tambahnya.

Untuk itu, lanjut Taufik kedepannya DPRD Provinsi Kepri berharap agar indikator-indikator yang tidak relevan itu diperbaiki agar lebih baik lagi.

“Sehingga program yang dilaksanakan atau direncanakan sesuai dengan tugasnya sehingga mampu memberikan kinerja yang efektif dalam setiap program yang dijalankan,” jelasnya.

Disampaikan Taufik, setidaknya terdapat 19 dinas atau badan dan 6 biro di lingkungan Pemerintah Provinsi yang memiliki indikator yang tidak sesuai dengan RPJMD.

Sementara itu, Gubernur Kepri H. Ansar Ahmad mengatakan bahwa pemerintah Provinsi Kepri berterima kasih atas rekomendasi yang disampaikan DPRD Kepri.

“Kita yakin dengan dibahasnya LKPj oleh DPRD Kepri dapat memberikan evaluasi, saran dan masukan yang diberikan bertujuan agar pelaksanaan APBD Kepri lebih sempurna dan lebih baik lagi,” jelas Ansar.(mk/mc)

Print Friendly, PDF & Email