BPUM Tahap II untuk 14.092 Pelaku UMKM, Ini Persyaratannya

Sekda Kabupaten Natuna Hendra Kusuma. (F:ist)

NATUNA (marwahkepri.com) – Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Kabupaten Natuna, Agus Supardi mengatakan untuk penambahan Bantuan Produktif Usaha Mikro (BPUM) tahap II berjumlah 14.092 kepada pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMK) yang ada di Natuna.

Bantuan tersebut merupakan program lanjutan yang diluncurkan oleh Presiden, Joko Widodo (Jokowi), guna memulihkan perekonomian Indonesia pada masa pandemi Corona Virus Disaese 2019 (COVID-19) ini.

Kepala Disperindag Kabupaten Natuna, Agus Supardi. (F:ist)

“Untuk tahun 2021 sudah ada surat keterangan (SK) nya kalau usulkan ulang boleh, siapa tau ada tambahan untuk 2021 atau ada dana lagi untuk 2022, dengan persyaratan fotokopi KTP, KK, Surat Keterangan Usaha (SKU) dari kades atau lurah atau NIB dari perizinan,” terang Agus.

Sementara Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Natuna, Hendra Kusuma, berharap agar Bantuan Langsung Tunai (BLT) UMKM atau BPUM ini bermanfaat bagi pelaku usaha mikro yang ada di Natuna.

“Saya berharap bantuan ini benar-benar tepat sasaran, sehingga manfaatnya bisa dirasakan langsung oleh masyarakat kita yang memiliki usaha kecil dan menengah,” ujar Hendra Kusuma.

Gedung Disperindag Kabupaten Natuna. (F:ist)

Dirinya berujar, bahwa besaran BPUM yang disalurkan pemerintah kali ini mengalami penurunan. Awalnya ditahun 2020 lalu, pelaku UMKM satu orang menerima sebesar Rp 2,4 juta.

“Namun berdasarkan peraturan yang dikeluarkan oleh Kemenkop UKM Nomor 2 Tahun 2021, bantuan ini menjadi hanya sebesar Rp 1,2 juta,” pungkasnya.(adv/mk/zani)

Print Friendly, PDF & Email