Disebut Blokir Kiriman Uang ke Palestina, Ini Jawaban Bank Indonesia

Foto:net

JAKARTA (marwahkepri.com) – Viralnya kabar bahwa pengiriman uang dari rekening bank Indonesia ke Palestina diblokir otoritas yang berwenang mendapat tanggapan dari Bank Indonesia (BI).

Kepala Departemen Komunikasi BI Erwin Haryono menegaskan BI selaku bank sentral dan otoritas moneter menegaskan tidak pernah memblokir transfer dana dari Indonesia ke Palestina.

“Itu hoaks. BI tidak pernah melakukan pemblokiran seperti itu,” ujar Kepala Departemen Komunikasi BI Erwin Haryono, Selasa (18/5/2021).

Erwin mengaku, dirinya secara pribadi berhasil memberikan sumbangan ke negara tersebut. Namun, semuanya memang tergantung penyelenggara donasi, karena tidak semuanya kredibel, sehingga harus dicek kembali. Ia pun kembali menegaskan bahwa BI tidak pernah melakukan pemblokiran transaksi ke Palestina.

“Saya nggak tahu juga kalau kasus individual bank, karena kan ada proses pengecekan know your customer termasuk transaksi yang mencurigakan, seperti Anti Pencucian Uang (APU) dan Pencegahan Pendanaan Terorisme (PPT). Tapi dari pihak BI tidak pernah melakukan pemblokiran,” tandas Erwin.

Sebelumnya viral sebuah Twitter warganet yang menyebutkan untuk mengirim uang ke Palestina harus dikonversi ke mata uang negara lain terlebih dahulu.

Tak semudah itu Uni. Kirim uang ke Gaza itu sdh ga bs smjk bank Indo ngeblok kiriman uang ke bank Palestina. Ini smjk era JKW. Jd uang itu hrs dikonversi ke negara lain dulu, br bisa smp ke sana. Terakhir thn 2019/2020 sy cb kirim uang ga bisa, hrs transit ke Turki dulu,” demikian cuitan akun tersebut, dikutip Liputan6.com, Selasa (18/5/2021).

Kendati belakangan, akun Twitter yang menyebutkan tak bisa melakukan trasnfer dana tersebut mengklarifikasi bahwa proses transfer sudah bisa dilakukan.

Note: sy rutin pny program utk Gaza dr 2011 ya, dulu kami tinggal trf via BSM pk valas dg biaya admin murah 25$ sekali trf, 2-3 hr sampai. Tp thn 2018/2019 mulai ga bs kirim ktnya diblok. Sy ga tau alasannya knp. Tp td sy telepon BSI, CSnya blg bisa. Mgkn sdh normal, entah,” tuturnya. (mk/l6)

 

Print Friendly, PDF & Email