Pemkab Anambas Gelar Apel Gabungan Upacara HKBN ke-4

Bupati Kepulauan Anambas, Abdul Haris, SH bertindak selaku pembina upacara HKBN ke-4. (F:ist)

ANAMBAS (marwahkepri.com) – Pemerintah Kabupaten Kepulauan Anambas (KKA) melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) menggelar upacara apel gabungan memperingati Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional (HKBN) ke-4 yang ditandai dengan bunyi sirene selama 30 detik di lapangan Sepakbola Letung, Rabu (26/04/2021).

Upacara peringatan Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional (HKBN) ke-4 ini dipimpin langsung oleh Bupati Kepulauan Anambas, Abdul Haris, SH. Pesertanya terdiri dari prajurit TNI, Polri, Satpol PP, Damkar, Tagana, Dinas Sosial, Dinas Kesehatan, Dishub dan Pramuka.

Bupati Kepulauan Anambas Abdul Haris, SH melakukan cek suhu sebelum memimpin upacara. (F:ist)

Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD KKA, Sulaiman bertindak selaku komandan upacara Apel Gabungan HKBN Ke-4. Tampak dihadiri Kapolsek Letung, mewakili Polres Kepulauan Anambas, Plh Danramil Letung, mewakili Dandim 0318 Natuna dan Kepala BPBD Kabupaten Kepulauan Anambas, Syarif Ahmad.

Bupati Kepulauan Anambas, Abdul Haris, SH mengatakan, bencana merupakan kejadian yang tidak kita inginkan, namun sebenarnya kita perlu mewaspadai segala bentuk kejadian bencana yang mungkin terjadi karena bencana selalu terjadi secara tiba-tiba dan tidak dapat duga.

“Kita harus siap sedia, kesiapsiagaan pemerintah dan masyarakat dalam mengantisipasi bencana sangat penting agar penanggulangan bencana dapat dilakukan secara cepat dan tepat,” katanya.

Para tamu undangan. (F:ist)

Menurutnya, untuk menyikapi bencana longsor, banjir dan angin puting beliung yang kerap kali terjadi di Anambas, Badan Penanggulangan Bencana Daerah dan dinas terkait sedang dan akan terus mengupayakan untuk meningkatkan kesiapsiagaan dalam rangka meminimalisir segala bentuk potensi dan dampak bencana yang mungkin terjadi. Salah satu cara untuk mengurangi dampak bencana adalah melalui mitigasi bencana. Mitigasi adalah serangkaian upaya untuk mengurangi resiko bencana, baik melalui pembangunan fisik, maupun penyadaran dan peningkatan kemampuan menghadapi bencana.

Suasana upacara HKBN ke-4. (F:ist)

“Oleh karena itu, saya berpesan kepada BPBD Anambas beserta instansi terkait agar terus meningkatkan upaya mitigasi bencana dengan cara, terus melakukan kegiatan sosialisasi dan pemberdayaan kepada masyarakat karena upaya pencegahan bencana, dan pengurangan resiko bencana perlu dimulai dengan penyebaran informasi dan pengetahuan serta membangun kesadaran dan Tingktakan komunikasi dan koordinasi dengan unsur TNI, Polri, Instansi terkait, Organisasi-organisasi kemasyarakatan,  pihak swasta dan elemen masyarakat lainnya agar kita dapat menanggulangi bencana secara cepat, tepat, terpadu dan menyeluruh,” ujarnya.

Bupati Kepulauan Anambas Abdul Haris, SH memberikan sambutan. (F:ist)

Bupati Kepulauan Anambas Abdul Haris, SH menjelaskan, penanganan bencana menjadi tanggung jawab semua pihak, tidak hanya pemerintah saja, namun semua pihak dan masyarakat juga para insan pers agar dapat memberikan informasi yang baik kepada seluruh masyarakat.

“Dalam penanganan bencana ini perlu dibangun pula kebersamaan dan kerjasama dari seluruh pihak yang terlibat sehingga dapat mengurangi dampak dan risiko akibat bencana. Karena kami dari tim gabungan terutama BPBD tidak bisa bekerja sendiri tanpa ada dukungan dan peran serta dari seluruh elemen dan lapisan masyarakat,” jelasnya.

Para tamu undangan. (F:ist)

Bupati juga menghimbau untuk selalu menerapkan protokol kesehatan dengan ketat Karena saat ini kasus positif COVID-19 di daerah Kepulauan Anambas sangat meningkat. Untuk itu mari bersama-sama untuk menerapkan protokol kesehatan ketat.

Berfoto bersama. (F:ist)

“Pada masa adaptasi kebiasaan baru atau new normal saat, mari kita bersama-sama menekan penyebaran Covid-19 dengan menerapkan protokol kesehatan ketat dengan menjaga jarak, menggunakan masker dan selalu mencuci tangan pakai sabun. Semoga kita semua dalam lindungan Allah SWT, Aamiin Yaa Robbal Alamiin,” tutupnya.(Darwin)

Print Friendly, PDF & Email