Dishub LH Anambas akan Resmikan Bank Sampah di Tiga Desa

Kepala Dishub LH KKA, Ekodesi Amrialdi, SE. (F:ist)

ANAMBAS (marwahkepri.com) – Untuk mewujudkan desa bersih dari sampah limbah industri rumah tangga, Dinas Perhubungan dan Lingkungan Hidup (Dishub LH) Pemerintah Kabupaten Kepulauan Anambas melakukan sosialisasi ke desa-desa. Kepala Dinas Perhubungan dan Lingkungan Hidup Kabupaten Kepulauan Anambas Ekodesi mengatakan, pihaknya rutin melakukan sosialisasi akan pentingnya kesadaran dalam menjaga kebersihan terutama dari sampah limbah industri rumah tangga. 

“Kita rutin sosialisasi ke masyarakat desa-desa agar semakin sadar pentingnya hidup bersih. kita juga sampaikan kepada masyarakat agar ada bank sampah disetiap desa,” kata Ekodesi kepada media ini, Rabu (12/05/2021). 

Ekodesi menjelaskan, dimana bank sampah adalah suatu tempat yang digunakan untuk mengumpulkan sampah yang sudah dipilah-pilah. Hasil dari pengumpulan sampah yang sudah dipilah mana yang memiliki nilai ekonomis mana yang tidak. 

“Dengan adanya bank sampah maka disana akan disortir mana sampah yang berguna dan memiliki nilai ekonomis yang tinggi dapat di daur ulang. Sementara sampah yang tidak memiliki nilai ekonomis akan dibawa ke tempat pengepul sampah,” jelasnya. 

Sampah rumah tangga yang dapat diolah menjadi nilai ekonomis. (F:ist)

Ekodesi juga menyampaikan, saat ini pola pikir masyarakat mengenai pemanfaatan sampah masih sangat rendah. Ia melihat masih banyak kemasan produk yang masih bisa dipergunakan kembali namun terbuang dengan sia-sia. 

“Buktinya, masih banyak barang rusak, barang yang tidak terpakai, kemasan produk, dan berbagai sisa makanan hanya dibuang begitu saja. Kebanyakan sampah-sampah tersebut bertumpuk di tempat sampah, dan akhirnya mengambang di sungai atau di laut,” ujar Eko. 

Menurut Ekodesi, penyelesaian masalah sampah tidak bisa jika hanya mengandalkan petugas kebersihan saja. Seluruh lapisan masyarakat juga harus bergerak secara bersama-sama menangani masalah sampah. Bahkan setelah lebaran nanti pihaknya berencana akan meresmikan tiga desa yang telah memulai menggunakan bank sampah. 

“Habis lebaran kita launching bank sampah minimal 3 desa. Nanti akan kita lanjutkan secara bertahap ke desa lain,” katanya. 

Dia menerangkan jika hal ini bisa berkelanjutan maka sesuai dengan visi misi Bupati dan Wakil Bupati Anambas yakni Anambas bebas plastik 2024. Untuk mewujudkan hal ini tentunya butuh dukungan semua pihak termasuk masyarakat. 

“Tanpa ada dukungan masyarakat terutama akan kesadaran pengelolaan sampah tentunya kami Dishub LH tidak akan berhasil. Namun jika kita lakukan secara bersama-sama niscaya tujuan kita akan tercapai,” katanya.(Darwin)

Print Friendly, PDF & Email