3.368 Lokasi di Kepri Dijaga Personel Gabungan selama Operasi Ketupat

Para peserta apel. (F:ist)

BATAM (marwahkepri.com) – Dalam rangka pengamanan perayaan Hari Raya Idul Fitri, Polda Kepri menggelar Operasi Ketupat Seligi 2021. Apel gelar pasukan langsung dipimpin oleh Gubernur Provinsi Kepri H. Ansar Ahmad, SE., MM, bertempat di Lapangan Upacara Polda Kepri, Rabu (5/5/2021).

Operasi Ketupat Seligi 2021 ini mengangkat tema ″Melalui Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat 2021 Kita Tingkatkan Sinergi dengan Instansi Terkait dalam Rangka Memberikan Rasa Aman dan Nyaman Pada Perayaan Idul Fitri 1442 Hijriah″.

Turut hadir pada apel ini Pangkogabwilhan I Laksdya TNI I Nyoman Gede Ariawan, Kapolda Kepri Irjen Pol Dr. Aris Budiman, M.Si., Danrem 033/WP, Wakapolda Kepri, Danlantamal IV Tanjungpinang, Danguskamla Koarmada I, Kabinda Kepri, Kepala BNN Provinsi Kepri, Kajati Provinsi Kepri, Irwasda Polda Kepri serta PJU Polda Kepri dan unsur Forkopimda Provinsi Kepri dan Kota Batam.

“Apel gelar pasukan dilaksanakan sebagai bentuk pengecekan akhir pelaksanaan Operasi Ketupat 2021 dalam rangka pengamanan Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah, baik aspek personel maupun sarana prasarana serta keterlibatan unsur terkait seperti TNI, Pemda, dan mitra kamtibmas lainnya,” kata Ansar membacakan amanat Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

Operasi Ketupat akan dilaksanakan selama 12 hari, mulai tanggal 6 Mei sampai dengan 17 Mei 2021 dengan mengedepankan kegiatan pencegahan didukung deteksi dini dan penegakan hukum dalam rangka pengamanan Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah dan tetap menerapkan protokol kesehatan guna mencegah penyebaran COVID-19 sehingga masyarakat dapat merayakan Idul Fitri dengan rasa aman dan nyaman.

Selanjutnya saat ditanya oleh awak media, Kabid Humas Polda Kepri Kombes Pol Harry Goldenhardt mengatakan pada Operasi Ketupat Seligi tahun ini sebanyak 896 personel dilibatkan dan ditambah personel dari instansi terkait sebanyak 723 yang terdiri dari TNI, linmas, satpol, dinas perhubungan, jasa raharja, damkar, pramuka, dinas kesehatan, senkom, basarnas, orari,  ASDP, PLN, angkasa pura dan pelindo.

″Selain pelibatan personel kita juga menempatkan 241 personel pada 5 satuan tugas seperti di Satgas Preemtif, Satgas Preventif, Satgas Kamseltibcar Lantas, Satgas Gakkum dan Satgas Banops. Selama operasi juga terdapat 3.368 lokasi yang dilakukan pengamanan di wilayah Provinsi Kepri yang terdiri dari sentra perekonomian, hotel, pelabuhan, terminal, bandara, gudang sembako, SPBU, tempat wisata, lokasi salat Idul Fitri, mall dan pasar. Dengan 14 pos pengamanan, 12 pos pelayanan, 21 pos terpadu dan 7 pos bergerak,” jelasnya. (ril)

Print Friendly, PDF & Email