Mudik Lebaran Kian Dekat, Pemprov Kepri Minta Pelabuhan Siapkan Alat Tes GeNose

Pelaksanaan tes GeNose. (F: KAI)

TANJUNGPINANG (marwahkepri.com) – Pemerintah Provinsi Kepri meminta seluruh pelabuhan penumpang yang ada di Provinsi Kepri untuk dapat menyediakan alat tes COVID-19 GeNose.

“Kita minta setiap pelabuhan di seluruh wilayah Provinsi Kepri menyediakan alat tes COVID-19 GeNose agar penyebaran COVID-19 tidak terjadi saat pelaksanaan mudik lebaran nanti,” ungkap Sekretaris Daerah Provinsi Kepri H TS Arif Fadillah di Tanjungpinang, Rabu (28/4/2021).

Arif mengatakan meskipun pemerintah melarang masyarakat untuk melaksanakan mudik lokal pada lebaran nanti. Namun, pihaknya tetap memberikan izin keberangkatan jika dilengkapi dengan surat bebas COVID-19 baik itu GeNose ataupun rapid test antigen.

“Kita sadari mungkin sebagian masyarakat akan berat jika menggunakan rapid test antigen yang harganya sekitar Rp 150 ribu hingga 250 ribu, belum lagi ongkos tiket,” ujar Arif.

Dengan adanya alat GeNose di pelabuhan tambahnya dapat memudahkan masyarakat. Sehingga penyebaran COVID-19 dapat dideteksi di pelabuhan.

“Sehingga masyarakat tidak membawa COVID-19 saat mudik hingga ke halamannya,” tuturnya. (mk/mc)

Print Friendly, PDF & Email