Malaysia Hapus Ujian Nasional Tingkat SD

Ilustrasi. (F:net)

MALAYSIA (marwahkepri.com) – Pemerintah Malaysia memutuskan menghapus Ujian Pencapaian Sekolah Rendah (UPSR) untuk sekolah dasar mulai tahun ini. Menteri Pendidikan Senior Malaysia Radzi Jidin mengatakan keputusan diambil setelah mendapatkan pandangan dan masukan melalui berbagai proses.

Radzi menjelaskan lebih dari 1.700 peserta yang terdiri dari guru, orang tua, siswa, serta serikat pekerja dan asosiasi di seluruh Malaysia dilibatkan dalam berbagai sesi sebelum memutuskan penghapusan ujian ini.

Beberapa guru, kata Radzi, bnberbicara kepadanya tentang bagaimana mereka harus mencuri waktu dari mata pelajaran lain yang tidak memiliki ujian khusus. Hal ini untuk memberikan waktu yang cukup bagi siswa untuk mempersiapkan diri menghadapi ujian akhir sekolah dasar, sehingga mengurangi kesempatan guru untuk menggunakan kreativitas saat menyampaikan pelajaran di sekolah. 

Beberapa orang tua bahkan sudah mengirim anak-anaknya ke lembaga bimbingan belajar sejak kelas 1 SD demi meraih hasil maksimal di USPR. Hal ini mereka lakukan karena merasa UPSR adalah ujian penting. Imbasnya anak-anak mereka memiliki waktu terbatas untuk aspek-aspek lain dari pendidikan mereka.

Selain itu, USPR tidak lagi dianggap sebagai syarat masuk sekolah asrama mulai 2022. Sebagai gantinya akan didasarkan pada Penilaian Penerimaan Sekolah Khusus (PKSK). (mk/tem)

Print Friendly, PDF & Email