Tahun Depan BWSS Bangun Embung Sebayar

Kabid Infrastrukur dan Pengembangan Wilayah BP3D Natuna, Herman.(foto:nang)

MARWAHKEPRI.COM, NATUNA – Dalam rangka pemenuhan kebutuhan air baku di Kabupaten Natuna, Balai Wilayah Sungai Sumatera (BWSS) akan membangun embung Sebayar, Kecamatan Bunguran Timur, pada tahun 2022.

Direktorat Jenderal (Dirjen) Cipta Karya dan Dirjen Sumber Daya Air Kementerian Pekerjaan Umum, telah membuat Memorandum of Understanding (MoU) bahwa embung sebayar harus digarap pada tahun 2022.

Kepala Bidang Infrastruktur dan Pengembangan Wilayah BP3D Natuna, Herman, mengatakan, rencana pembangunan embung di sebayar sudah masuk dalam baseline Kementerian.

“Kami dari Bappeda dan TAPD sudah komitmen pada tahun 2022 menganggarkan biaya pembebasan tanahnya sesuai dengan kemampuan APBD”, ujar Herman, Selasa (27/04/2021).

Menurut Herman, pembangunan air baku di Sebayar membutuhkan lahan 18.3 hektar, dengan asumsi biaya pembebasan lahan sebesar Rp 18 milyar.

Karenanya, anggaran yang dikucurkan untuk mengganti rugi lahan disana akan dilakukan secara bertahap. Pada tahun 2022 nanti akan direalisasikan sebesar Rp 5 milyar.

Nilai pembebasan Rp 18 milyar tersebut timbul berdasarkan asumsi Studi LARAP. Nantinya akan ada tim apresial untuk menghitung kembali berdasarkan NJOP.

“Yang penting kita sudah komitmen akan menganggarkan Rp 5 milyar. Hal ini akan kita sampaikan ke Kementerian PU sebagai bukti bahwa kita serius”.

Terpenting kata Herman, pada tahun 2022 mereka membangun di area 5 hektar yang sudah dihibahkan mantan Bupati Natuna Daeng Rusnadi.

“Memang air baku harus terbangun di natuna. BWSS targetnya harus selesai 2022, sebab info dari mereka kalau tidak dibangun tahun depan tidak ada harapan lagi dari Kementerian”.

Selain di Sebayar, BWSS juga menargetkan percepatan pembangunan embung di Kelanga, embung air Timbung Desa Sepempang, dan pembangunan bendungan sungai Curing dalam rangka mencegah intrusi air laut, sehingga PDAM di Gunung Putri termanfaatkan secara optimal.(mk/nang)

Print Friendly, PDF & Email