Rudi Akan Selesaikan Permasalahan Tumpang Tindih Lahan di Batam

Kepala BP Batam, Muhammad Rudi saat memberikan keterangan pers kepada awak media di Bida Marketing Centre BP Batam, Kamis (23/01/2020)

BATAM (marwahkepri.com) – Beberapa waktu terakhir ini, tumpang tindih lahan kembali mencuat ke permukaan. Hal ini ditakutkan akan membuat gejolak dan mengganggu iklim investasi di Kota Batam ditengah pelemahan ekonomi saat ini.

Menanggapi hal tersebut, BP Batam melalui bidang humas dan promosi menggelar jumpa pers di Gedung Marketing Center BP Batam, dengan narasumber Kepala BP Batam, Muhammad Rudi. Selasa (27/04/2021).

Dalam konferensi pers itu, Rudi menjelaskan jika tidak ada tumpang tindih seperti pemberitaan yang muncul karena semua prosesnya berjalan. Tumpang tindih baru bias dikatakan jika 2 pihak tersebut memiliki PL (Penetapan Lahan) di titik yang sama.

“Seluruh lahan yang PL nya sudah keluar baru diakui oleh BP Batam lokasinya. Kalau baru draf ya belum diakui, yang diakui itu kalau sudah ada PL dan ditandatangani,”ungkap Rudi.

Rudi juga menyebutkan ada ribuan yang sudah membayar 10% (yang masih memegang draf).Dan kebanyakan itu persoalan sebelum dia menjabat sebagai Kepala BP Batam.

“Banyak sekali, dan ini tugas kita untuk menyelesaikannya sekarang,”kata Rudi.

Menurut Rudi, ada beberapa hal yang menyebabkan terjadinya tumpang tindih lahan diantaranya ada yang berakhir masa kontraknya namun masih memegang berkas lama. Ada yang kontraknya belum habis tetapi karena tidak pernah dibangun BP Batam kemudian mengevaluasinya dan izinnya dicabut.

Ada masa kontrak PL sudah berakhir, tetapi mereka masih memegang data, kemudian kita keluarkan yang baru.

“Mereka memegang PL lama, tau-tau ada PL baru lagi,”terangnya.

Kendala yang dihadapi oleh BP Batam dalam menyelesaikan permasalahan itu ialah saat terjadi pemindahan tangan ke pemilik lain, datanya tidak valid. Kontak dan alamat tidak bias dihubungi sehingga memeperlamabat kerja BP Batam.

“Tetapi tetap akan kita data dan selesaikan,”pungkasnya. (mk/mun)

 

Print Friendly, PDF & Email