Kemenkominfo Berencana Bangun Government Cloud di Kepri

Sambutan Menteri Kominfo RI, Jhony G Plate.(foto:nang)

MARWAHKEPRI.COM, NATUNA – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) RI, berencana membangun Government Cloud (pusat data nasional pemerintah) di Provinsi Kepulauan Riau.

Menteri Kominfo Jhonny G Plate mengatakan, sejauh ini pihaknya masih melihat potensi tersebut apakah memungkinkan atau tidaknya dibangun di Kepri.

“Salah satu tujuan saya kesini dalam kaitan melihat potensi pembangunan Government Cloud di Kepri”, Ungkap Menkominfo sebelum peletakan batu pertama BTS USO di Desa Kelanga, Kamis (22/04/2021).

Orang nomor satu di Kemenkominfo ini mengatakan, pihaknya berencana membangun beberapa pusat data pemerintah dalam rangka menghasilkan satu data Indonesia.

Diakuinya, masih sulit untuk menghasilkan satu data Indonesia melalui proses inter operabilitas dan data cleansing dalam pengambilan kebijakan sosial bagi jutaan masyarakat.

“Kunjungan saya ini memberikan gambaran bahwa setidaknya Covid-19 ini tidak akan merobohkan dan meruntuhkan semangat kita untuk terus membangun indonesia, termasuk membangun sektor TIK”.

Justru sebaliknya kata Jhony, era pandemi ini menjadi triger (pemicu) berlomba-lomba melakukan akselarasi pembangunan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) nasional untuk menjemput akselarasi transformasi digital dalam kaitan industri 4.0.

Peletakan batu pertama pembangunan BTS USO dihadiri Gubernur Kepri, Direktur BAKTI Kominfo, Konsorsium, Bupati Natuna dan sejumlah anggota DPRD Provinsi dan Kabupaten Natuna.(mk/nang)

Print Friendly, PDF & Email