P3AP2KB Natuna Segera Data Keluarga, Fachry Minta Masyarakat Jujur

Suasana pendataan keluarga. (F:ist)

NATUNA (marwahkepri.com) – Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (P3AP2KB) Kabupaten Natuna, melalui Kepala Bidang (Kabid) Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana (KB), Fachry Husain, akan melakukan pendataan keluarga yang ada di wilayah Natuna.

“Kegiatan ini merupakan gawai 5 tahunan dari Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) pusat, sehingga anggarannya berasal dari pusat, dilaksanakan serentak seluruh Indonesia,” ucap Fachry, Selasa (13/4/2021).

Tujuan dari Pendataan Keluarga 2021 (PK21) yaitu, tersusunnya data basis keluarga yang terdiri dari data kependudukan, data keluarga berencana dan data pembangunan keluarga, serta data stunting yang dapat dijadikan acuan untuk evaluasi keberhasilan program Bangga Kencana (BK), dan dasar dari penyusunan kebijakan dan program ke depannya

Yang menjadi target PK21 tersebut, Fachry menyebutkan, di mana keluarga yang didata tidak berdasarkan kepemilikan berkas administrasi kependudukan di wilayah tersebut, namun berdasarkan keluarga berada saat pendataan keluarga saat itu.

“Dengan syarat keluarga telah tinggal di wilayah tersebut sekurang- kurangnya 6 bulan, jika kurang dari 6 bulan pastikan keluarga tersebut berencana menetap di wilayah tersebut sekurang-kurangnya 6 bulan,” jelasnya.

Fachry menambahkan, pelaksanaan PK21 nantinya akan dilakukan pada tanggal 01 April sampai dengan 31 Mei 2021 mendatang.

“Saya berharap agar pendataan dapat selesai 100 persen dan sesuai target serta akurat, serta bisa bekerja sama terhadap masyarakat agar bersedia didata dan memberikan data yang jujur dan benar,” pinta Fachry. (mk/zani)

Print Friendly, PDF & Email