Dishub LH Rencanakan Bank Sampah Ada di Setiap Perkantoran dan Sekolah

Kepala Dinas Perhubungan dan Lingkungan Hidup Kabupaten Kepulauan Anambas, Ekodesi Amrialdi, SE. (F:ist)

ANAMBAS (marwahkepri.com) – Dinas Perhubungan dan Lingkungan Hidup (Dishub LH) Kabupaten Kepulauan Anambas merencanakan aksi pengurangan sampah dengan membuat bank sampah agar target Anambas bebas sampah tahun 2023 mendatang dapat tercapai.

“Aksi ini kami lakukan baru di bagian perkantoran dan sekolah-sekolah sampai ke desa-desa, hingga kini sudah berkurang hingga 46 persen,” ujar Ekodesi Ambrialdi selaku kepala Dinas Perhubungan dan Lingkungan Hidup KKA, Sabtu (10/04/2021).

Kepala Dishub LH Anambas, Ekodesi Amrialdi, SE menjelaskan, strategi pengurangan sampah ini dengan cara 1 Organisasi Perangkat Daerah (OPD) 1 bank sampah dan 1 Aparatur Sipil Negara (ASN) 1 ecobrick.

“Inikan sesuai visi misi kepala daerah, kita targetkan bebas sampah 2023,” jelasnya.

Kepala Bidang Pengelolaan Sampah Limbah B3 Dishub LH Anambas Risdayanti saat sosialisasi bank sampah di salah satu desa. (F:ist)

Sementara itu, Kepala Bidang Pengelolaan Sampah Limbah B3 Dishub LH Risdayanti menyebutkan, strategi pengurangan sampah ini dengan cara 1 Organisasi Perangkat Daerah (OPD) 1 bank sampah dan 1 Aparatur Sipil Negara (ASN) 1 ecobrick.

“Untuk itu, perkantoran dan sekolah serta desa akan kita gerakkan satu desa satu bank sampah,” sebutnya.

Bidang Pengelolaan Sampah Limbah B3 Dishub LH Anambas saat sosialisasi bank sampah di salah satu desa. (F:ist)

Risdayanti melanjutkan, tentunya ini tidak terlepas dari peran serta masyarakat dalam pengurangan sampah dengan mekanisme gerakan satu desa satu bank sampah.

“Untuk itu, kami harapkan di setiap perkantoran ketika ada rapat kerja agar jangan lagi menggunakan botol mineral, diganti dengan gelas. Kemudian untuk tempat makanan jangan lagi menggunakan sterofom gantilah dengan piring,” tutupnya.(Darwin)

Print Friendly, PDF & Email