Wabup Wan Zuhendra Buka Pembinaan Redkar Anambas

ANAMBAS (marwahkepri.com) – Pemerintah Kabupaten Kepulauan Anambas melalui Satpol PP dan Damkar akan memulai pelaksanaan pelatihan pembentukan dan pembinaan Relawan Pemadam Kebakaran (Redkar) di lapangan sepakbola Desa Payalaman, Sabtu (10/04/2021).

Redkar Anambas melakukan atraksi simulasi penyelamatan kebakaran.(f:ist)

Pelatihan ini meliputi pengetahuan dasar-dasar pemadam serta penyelamatan, kebakaran dan kerjasama tim penguatan fisik yang berisi tentang kepelatihan bagi masyarakat yang terpilih untuk persiapan kesiapsiagaan penanggulangan kebakaran baik dilingkungan pemukiman maupun hutan dan lahan di wilayah Kabupaten Kepulauan Anambas.

Wakil Bupati Kepulauan Anambas, Wan Zuhendra memasang masker kepada redkar. (F:ist)

Wakil Bupati Kepulauan Anambas, Wan Zuhendra mengatakan, bahwa untuk mendukung kegiatan pemberdayaan masyarakat dalam pencegahan kebakaran hendaknya redkar dapat mengikuti pelatihan ini dengan sebaik-baiknya dan pada saatnya nanti membantu masyarakat apabila terjadi bencana kebakaran atau bencana lainnya disekitar tempat tinggal.

“Pembekalan pengetahuan dasar, penguatan fisik dan kerjasama bagi peserta relawan pembentukan dan pembinaan pemadam kebakaran (redkar) harus dilakukan secara rutin, karena mengingat pentingnya redkar ini diselenggarakan,” ujar Wan Zuhendra.

Berfoto bersama. (F:ist)

Ia  juga mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas dukungan dari pihak TNI, Polres Kepulauan Anambas, Basarnas, dan pihak kecamatan lain untuk berkontribusi dalam pelatihan ini.

“Saya atas nama Pemerintah Daerah Kabupaten Kepulauan Anambas mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak, karena pelatihan pembentukan pembinaan relawan pemadam kbl ebakaran ini terselenggara berkat kerja sama yang baik dari pihak Satpol PP dan Damkar, TNI, Polres Kepulauan Anambas, Basarnas dan pihak kecamatan terkait,” ucapnya.

Sekretaris Satpol PP Dan Damkar KKA, Heri Fahrizal saat pembukaan pembinaan redkar Anambas. (F:ist)

Sementara itu, Richart Sihombing selaku kepala bidang Pemadam Kebakaran Kabupaten Kepulauan Anambas mengucapkan terima kasih atas kerja sama antara Dinas Satpol PP dan Damkar serta dukungan dari TNI, Polres Kepulauan Anambas, Basarnas serta pihak kecamatan.

“Ini merupakan amanat Keputusan Menteri Dalam Negeri nomor: 364.1-306 tentang pedoman pembinaan relawan pemadam kebakaran,” ucapnya.

Para redkar sedang simulasi penyelamatan kebakaran di Lapangan Sepakbola Payalaman. (F:ist)

Richart juga memaparkan, pembinaan pembentukan Redkar Kabupaten Kepulauan Anambas direncanakan berjumlah 66 orang, yang berasal dari Kecamatan Siantan 6 orang, Kecamatan Siantan Selatan 6 orang, Kecamatan Siantan Tengah 6 orang, Kecamatan Siantan Timur 6 orang, Kecamatan Siantan Utara 6 orang, Kecamatan Palmatak 6 orang, Kecamatan Kute Siantan 12. Selain itu, Kecamatan Jemaja 6 orang, Kecamatan Jemaja Timur 6 orang, Kecamatan Jemaja Barat 6 orang.

Para tamu undangan. (F:ist)

“Untuk Kute Siantan bertambah jadi 12 orang, namun pembinaan hari ini baru 41 orang yang ikut pembinaan dan pembentukan Redkar, nanti sisanya tahap kedua akan kita laksanakan di kecamatan Jemaja, Jemaja Barat dan Jemaja Timur,” paparnya.(Darwin)

Print Friendly, PDF & Email