Daeng Amhar Dukung Pemekaran Provinsi Natuna-Anambas

Ketua DPRD Natuna, Daeng Amhar. (F: Ist)

MARWAHKEPRI.COM, NATUNA – Ketua DPRD Natuna, Daeng Amhar, secara pribadi mendukung wacana pemekaran provinsi khusus Natuna-Anambas. Hal ini dikarenakan rentang kendali yang jauh ke provinsi.

Menurutnya, dengan terwujudnya provinsi Natuna-Anambas, akan mendekatkan rentang kendali, meningkatkan daya saing ekonomi, serta meningkatkan taraf hidup masyarakat.

“Saya secara pribadi mendukung wacana pemekaran provinsi Natuna-Anambas. Karena rentang kendali kita jauh ke provinsi”, ujar Amhar di kantor DPRD Natuna, Rabu (07/04/2021).

Wacana pemekaran tidak lepas dari dari Natuna sebagai daerah pertahanan dan daerah terluar. Untuk itu, pembangunannya perlu ditingkatkan.

Salah satu caranya kata Amhar yakni dengan meningkatkan status otonomi, dari pemerintah kabupaten menjadi pemerintah provinsi.

Alasan kuat lainnya yaitu mengenai geopolitik, dimana geografis Natuna sendiri berada di daerah perbatasan sehingga perlu diperkuat.

“Termasuk penguatan kelautan, kalau jadi provinsi kita akan memiliki kewenangan di laut. Kalau sekarang kan kita nol mil, cuma sampai di bibir pantai”, ujarnya.

Secara kelembagaan, pihaknya belum membuat Surat Keputusan rekomendasi. Pihaknya masih menunggu Mubes Tim Natuna dan Anambas.(mk/nang)