Panglima TNI : Kapal Selam Merupakan Pemukul Strategis Dalam Perang Modern

MARWAHKEPRI.COM, NATUNA – Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, meresmikan pengoperasian KRI Alugoro-045 di Faslabuh TNI AL, Selat Lampa, Kecamatan Pulau Tiga, kemarin (06/04/2021).

Menurut Panglima, kapal selam menjadi salah satu pemukul yang sangat strategis dan diperhitungkan dalam peperangan modern.

Kemunculannya diawal abad 20 perkembangannya sangat pesat sampai saat ini. Kapal selam telah menjadi kekuatan dalam perang di laut.

Kemampuannya untuk mengintai dan menyerang sasaran tanpa terdeteksi, menjadi kombinasi mematikan yang harus diperhitungkan dalam kalkulasi bertempur.

“Demikian halnya dengan KRI Alugoro 405 yang baru saja diresmikan. Sebagai komponen kekuatan Sistem Senjata Armada Terpadu (SSAT) KRI Alugoro menjadi bagian penting dan tidak terpisahkan dari kemampuan pengendalian laut dan kemampuan anti akses tni angkatan laut. Terlebih indonesia memiliki wilayah laut yang luas dengan titik strategis”, ujar Panglima.

Dikatakannya, pemilihan lokasi peresmian Kapal selam KRI Alugoro – 405 kali ini, juga menjadi simbol keunggulan dan kesiapan TNI sebagai garda terdepan dalam menegakkan kedaulatan negara di laut.

“Kapal perang dan pangkalan adalah dua komponen SSAT saling memperkuat satu sama lain. Kesiapan fasilitas labuh di Natuna akan menambah jangkauan operasi Angkatan Laut kita hingga ke Zona Ekonomi Eksklusif Indonesia”, tambahnya.(mk/nang)