55 Pelaku Usaha Diberikan Pelatihan Pengembangan Produk

Suasana bimbingan teknis. (F:ist)

Suasana bimbingan teknis. (F:ist)

NATUNA (marwahkepri.com) – Kementerian Perdagangan bekerjasama dengan Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan Usaha Mikro (Disperindagkopum) Kabupaten Natuna, melakukan bimbingan teknis pengembangan produk bagi pelaku usaha olahan pangan.

Kegiatan itu diikuti 55 pelaku usaha, yang diselenggarankan di Hotel Tren Central, jalan Pramuka, Kecamatan Bunguran Timur, Selasa (6/4/2021).

Kepala Disperindagkopum Kabupaten Natuna, Agus Supardi menyebutkan, dalam upaya meningkatkan daya saing serta nilai jual pihak pelaku Usaha Menengah Kecil dan Mikro (UMKM), Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Natuna melaksanakan berbagai program kegiatan seperti, klinik kemasan, bantuan peralatan dan fasikitasi lain.

“Untuk menekan biaya angkut, pemerintah pusat juga telah memberikan subsidi angkutan darat, ini dapat menekan ongkos pengiriman yang akibatnya akan meminimalisir biaya produksi,” ucap Agus Supardi.

Kemudian, Kordinator Bidang Pengembangan Produk Lokal Kementerian Perdagangan, Kukuh Sri Harjanto mengatakan, tujuan dari kegiatan tersebut dilakukan adalah untuk meningkatkan dan menambah ilmu pengetahuan pelaku usaha olahan pangan untuk mendorong peningkatan daya saing dan kemandirian produk.

“Selain untuk memperkuat pasar dalam negeri melalui upaya peningkatan UKM dan produk dalam negeri, serta memberikan pemahaman mengenai pengolahan peroduk olahan dan memperbaiki kemasan yang sesuai standar mutu,” terang Kukuh.

Dirinya menambahkan, pelatihan ini hanya berlangsung satu hari dengan menghadirkan 2 orang narasumber yang merupakan praktisi olahan pangan dari IPB dan ahli kemasan. (mk/zani).