Tinjau Pembangunan Jalan Selayang Pandang Tahap II, Ini Pesan Ansar

Gubernur Kepri Ansar ahmad berbincang bersama Bupati Kepulauan Anambas Abdul Haris. (F:ist)

Gubernur Kepri Ansar ahmad berbincang bersama Bupati Kepulauan Anambas Abdul Haris. (F:ist)

ANAMBAS (marwahkepri.com) – Gubernur Kepulauan Riau, Ansar Ahmad, dalam kunjungan kerjanya ke Kabupaten Kepulauan Anambas, meninjau langsung progres pembangunan infrastruktur jalan di Tarempa. Salah satu yang menjadi fokus peninjauan adalah Jalan Selayang Pandang tahap II yang merupakan proyek multi years dan berasal dari APBD Kabupaten Anambas.

“Proyek jalan Selayang Pandang tahap II ini dibangun dengan anggaran APBD Anambas tahun 2019-2021. Karena dilaksanakan secara multiyears maka kita harapkan selain tepat waktu juga harus selesai dengan baik,” ucapnya saat meninjau pembangunan jalan tersebut, Senin (5/4/2021).

Selesainya JSP II akan memudahkan akses masyarakat dari Tarempa Barat ke wilayah Tarempa Timur tanpa perlu lagi memutar. 

Gubernur Kepri, Ansar Ahmad, berharap pengerjaan pembangunan JSP II ini dapat selesai tepat waktu dan berharap dengan berfungsinya JSP II ini dapat meningkatkan perekonomian masyarakat.

“Proyek ini dikerjakan dari anggaran APBD Kabupaten Anambas yang bersumber dari masyarakat. Tentu outputnya bisa mendorong kehidupan masyarakat yang lebih baik,” tambahnya

Jembatan Selayang Pandang II dibangun dengan total dana 77,4 miliar dengan sistem sharing antara APBD Kabupaten Kepulauan Anambas dengan APBD Provinsi Kepulauan Riau. Saat ini masih dibutuhkan dana hibah dari Provinsi sebanyak Rp 18 miliar guna menyelesaikan pembangunan jembatan.

Saat ditanya kapan pembangunan jembatan ini selesai, Bupati Abdul Harris menjawab jembatan Selayang Pandang II akan selesai pada bulan Desember 2021. Gubernur Ansar pun menekankan agar target bulan Desember tersebut dapat tercapai.

“Pengerjaannya harus di kebut terus ini. Supaya bulan Desember sudah bisa dinikmati masyarakat. Juga pembangunan jembatan ini harus bisa disesuaikan dengan perkembangan Tarempa jadi kalau Selayang Pandang I bisa dilalui mobil maka Selayang Pandang II harus bisa dilalui truk besar,” kata Gubernur Ansar.

Jembatan Selayang Pandang II memiliki lebar 7 meter, dimana lebih lebar 2 meter dibandingkan dengan jembatan Selayang Pandang I yang berlebar 5 meter. Jembatan SP II juga sudah diuji ketahanannya sehingga bisa menahan beban kendaraan 30 ton. Nantinya Jembatan Selayang Pandang I akan dialihfungsikan menjadi jalur khusus sepeda dan jogging track. Kendaraan bermotor akan melewati jembatan Selayang Pandang II.

Bupati Anambas, Abdul Haris pun berharap kontraktor pelaksana bekerja sesuai target yang sudah ditentukan.

“Karena proyek jalan ini sangat penting, kita harapkan ada progres dalam setiap pengerjaannya. Tarempa sebagai ibu kota kabupaten memang harus terus kami benahi dengan infrastruktur yang memadai,” pungkas Abdul Haris. (mk/mc)