Gubernur Ansar Ahmad Buka Musrenbang Anambas Tahun 2022

ANAMBAS (marwahkepri.com) – Gubernur Kepulauan Riau (Kepri), Ansar Ahmad secara resmi membuka Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Kabupaten Kepulauan Anambas (KKA) tahun 2022 di Aula Kantor Bupati KKA, Pasir Peti, Minggu (04/04/2021) malam.

Gubernur Kepri, Ansar Ahmad memukul gong disaksikan Bupati dan Wakil Bupati KKA tanda dibukanya Musrenbang KKA tahun 2022. (F:ist)

Gubernur Kepri Ansar Ahmad dalam sambutannya mengatakan, bertekat akan mengedepankan pembangunan Provinsi Kepri dengan menggunakan pola pembangunan artisiptif dengan memaksimalkan seluruh potensi yang dimiliki Pemprov Kepri guna menggenjot pertumbuhan ekonomi di Kepri.

“Kita ingin menjadikan Provinsi Kepri ini sebagai provinsi yang populer dengan kemajuan pembangunannya dengan seluruh potensi sumberdaya akan kita maksimalkan,” ucapnya.

Gubernur Kepri, Ansar Ahmad menerima sekapur sirih dari penari persembahan. (F:ist)

Lanjut Ansar, pertumbuhan ekonomi Kepri mengalami penurunan, namun pada akhir tahun 2021 ia meyakini pertumbuhan ekonomi di Kepri mengalami kenaikan yang sangat signifikan.

“Insya Allah di akhir 2021 nanti pertumbuhan ekonomi Kepri akan mengalami peningkatan secara signifikan,” imbuhnya.

Sambutan Bupati Kepulauan Anambas, Abdul Haris, SH saat pembukaan Musrenbang KKA tahun 2022. (F:ist)

Masih kata Ansar, untuk bidang investasi akan menggenjot pertumbuhan ekonomi di Provinsi Kepri termasuk Kabupaten Kepulauan Anambas.

“Investasi akan kita upayakan masuk ke Kepri sebanyak-banyaknya untuk mendorong percepatan pertumbuhan ekonomi, khususnya Anambas,” tutupnya.

Foto bersama saat pembukaan Musrenbang KKA tahun 2022. (F:ist)

Perlu diketahui, sebelumnya, pelaksanaan kegiatan Pra Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Kabupaten Kepulauan Anambas sudah digelar melalui Badan Penelitian, Pengembangan Dan Perencanaan Daerah Pembangunan Daerah (Balitbangpeda) Kabupaten Kepulauan Anambas, Selasa (30/03/2021).

Sambutan Ketua DPRD KKA, Hasnidar saat acara pra Musrenbang. (F:ist)

Pra Musrenbang sebagai agenda pendahuluan dan persiapan sekaligus pemantapan, dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Perangkat Daerah (RKPD) Tahun 2022 bertujuan untuk mensingkronkan dan meletakkan program dan kegiatan prioritas yang diusulkan desa dan kecamatan.

Laporan Kepala Balitbangpeda KKA, Adies Saputra saat Pra Musrenbang di Aula Kantor Bupati. (F:ist)

Kepala Balitbangpeda Kabupaten Kepulauan Anambas, Adies Saputra, SIP, M.Si mengatakan, pra musrenbang ini sebagai pedoman bagi Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dalam penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD). 

Foto bersama saat acara pra Musrenbang di Aula Kantor Bupati. (F:ist)

“Ini merupakan amanat Undang-undang nomor 24 tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional untuk Menyusun Rencana Kerja Pemerintah Daerah, dan Peraturan Menteri Dalam Negeri nomor 86 tahun 2017 tentang Tata Cara Perencanaan, Pengendalian dan Evaluasi Pembangunan Daerah, Tata Cara Evaluasi Rancangan Peraturan Daerah tentang Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah dan
Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah, serta Tata Cara Perubahan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah, Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah, dan RKPD, maka pemerintah daerah wajib menyusun RKPD sebagai rencana pembangunan tahunan,” jelasnya.(Darwin)

Print Friendly, PDF & Email