KSU Trans Lingga Gelar Rapat Anggota Tahunan, Ini yang Dibahas

Rapat anggota tahunan berjalan lancar dan khidmat. (F:ist)

LINGGA (marwahkepri.com) – Koperasi Serba Usaha (KSU) Transportasi Kabupaten Lingga menggelar Rapat Anggota Tahunan (RAT) di warung makan Friska, Kelurahan Daik, Kecamatan Lingga, Kabupaten Lingga.

Rapat yang dilaksanakan 1 kali setahun tersebut membahas AD/ART, PO, LPJ keuangan sekaligus pergantian pengurus baru.

Sekretaris KSU Trans Lingga Aziz Martindas mengatakan, koperasi serba usaha ini merupakan suatu wadah yang bergerak di bidang Jasa Transportasi (Trayek) yang tersebar di 3 Kecamatan yakni Lingga, Lingga Utara, Lingga Timur.

“Alhamdulillah, dari awal berdirinya tahun 2017 total saldo kekayaan bersih sebesar Rp. 73.567.000, sekarang di Tahun 2020 sudah menjadi Rp. 359.327.000. Bersama asas koperasi yang mengedepankan sifat gotong royong dan semangat kebersamaan dalam tanggung jawab menjadi kunci berkembangnya koperasi,” kata Aziz yang juga merupakan Waka 1 DPRD Lingga, Selasa (30/03/2021).

Selain bergerak dalam bidang Jasa Transportasi (Trayek), KSU Trans Lingga juga membidangi Simpan Pinjam. Dia menambahkan, simpan pinjam Trans Lingga Jaya memiliki dua jenis kategori yakni anggota biasa dan anggota trayek.

“Perbedaannya untuk anggota biasa koperasi belum tentu anggota trayek, sedangkan anggota trayek sudah pasti anggota biasa koperasi,” ucapnya.

Ia menjelaskan, meskipun peminjaman masih memprioritaskan kepada anggota koperasi. Namun tak menutup kemungkinan akan memberi kesempatan yang diluar anggota dengan syarat yang sudah disepakati pada RAT.

“Dengan anggaran pendapatan Sumber Hasil Usaha bersih Tahun 2020 sebesar Rp.67.489.000. Pergerakan usaha simpan pinjam anggota sekarang sudah bisa pinjam 20 Juta, dengan tingkatan bunga pinjaman 1 % perbulannya,” jelasnya.

Diwaktu yang bersamaan, ketua KSU Lingga Indramayu periode 2021 – 2022 yang baru saja terpilih secara aklamasi berharap, kepada anggota untuk selalu menjunjung tinggi sifat kepedulian agar tetap terjaga, serta kesadaran diri dalam tujuan membesarkan koperasi.

“Terlihat masih banyak yang antusias mendaftar untuk menjadi anggota baik yang anggota biasa maupun anggota trayek, jelas ini merupakan kemajuan untuk koperasi kita,” imbuhnya.

Sebagaimana diketahui, selain berkerjasama dengan Dinas Perhubungan sejak awal terbentuk, KSU Trans Lingga juga akan menggandeng Dinas Pariwisata untuk memenuhi kebutuhan alat angkutan masyarakat lokal maupun masyarakat luar Daerah Kabupaten Lingga. (mk/Willy)

 

Print Friendly, PDF & Email