PMI Kota Batam Mulai Lakukan Donor Plasma Konsvalensen

Suasana donor plasma yang digelar PMI Kota Batam.(F:ist)

Suasana donor plasma yang digelar PMI Kota Batam.(F:ist) 

Dr.Novia: Tidak semua pasien yang sembuh bisa melakukan donor plasma konsvalensen

BATAM (marwahkepri.com) – PMI Kota Batam memulai pencanangan donor plasma konsvalensen di gedung PMI Kota Batam, Senin (25/01/2021).

Di Indonesia sendiri saat ini hanya 31 PMI yang bisa melakukan donor plasma konsvalensen dan Batam salah satu dari 31 cabang yang ada di indonesia.

Beberapa ahli menemukan bukti bahwa pasien virus Corona yang kritis bisa mendapatkan manfaat dari transfusi plasma darah pasien COVID-19 yang telah pulih.

Disebutkan bahwa zat antibodi yang ada dalam plasma darah pasien COVID-19 yang telah sembuh turut membantu menetralisir virus yang ada dalam tubuh pasien COVID-19. Untuk itu, prosedur pengambilan plasma darahnya juga harus melalui kontrol yang ketat.

Akan tetapi tidak semua pasien yang sembuh dari COVID-19 bisa melakukan donor plasma,tentu pasien yang sembuh harus mendapatkan pemeriksaan terlebih dahulu sebelum melakukan donor plasma.

“Cari pendonor tidak gampang, tidak semua pasien yang sembuh bisa melakukan donor plasma,” ujar Kepala Unit Donor Darah PMI Batam Dr Novia MBiomed.

“Donor plasma konvalesen hanya terapi pendukung bukan terapi pokok untuk pasien COVID-19,” tambah Novia.

Adapun syarat untuk donor plasma ialah, pernah terkonfirmasi positif COVID-19 melalui hasil swab RT-PCR dan/atau swab antigen, mendapatkan surat keterangan sehat atau sembuh dari dokter/rumah sakit setempat, telah bebas gejala COVID-19, usia 18-60 tahun, laki-laki, berat badan minimal 55 kilogram dan tidak memiliki penyakit penyerta yang bersifat kronis seperti gagal ginjal, jantung, kanker, kencing manis, diabetes, darah tinggi tidak terkontrol.

“Plasma boleh diambil setelah dia dinyatakan sembuh, tanpa gejala dan harus pria, lalu pengambilan donor plasma ini hanya bisa di donorkan sebanyak tiga kali saja,” tambah Novia.

Bagi pendonor yang telah melakukan plasma dan ingin melakukan donor lagi iitu harus melakukan pengecekan terlebih dahulu dan harus berjarak kurun waktu 3 bulan setelah terakhir melakukan donor plasma. (ril)

Print Friendly, PDF & Email