Pemkab Lingga Sediakan Ambulance dan Rumah Singgah Baru Bagi Keluarga Pasien Rujukan ke RS Provinsi Kepri

Lokasi dan penampakan rumah singgah baru untuk pasien dan keluarga rujukan di Tanjungpinang, (f.ist)

Lokasi dan penampakan rumah singgah baru untuk pasien dan keluarga rujukan di Tanjungpinang, (f.ist)

LINGGA (marwahkepri.com) – Guna meningkat mutu Pelayanan Kesehatan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lingga memberikan fasilitas rumah singgah untuk membantu pasien rawat dan keluarga pasien yang sedang berobat di RSUD maupun RSUP Kota Tanjungpinang, Kepulauan Riau.

Kali ini, rumah singgah yang beralamat di Perum Taman Harapan Indah Blok A1 No 23 disediakan dengan lokasi yang sangat strategis dan lebih besar di bandingkan rumah singgah sebelumnya yang beralamat di jalan WR. Supratman, Perum Indonesia Permai, Kilometer 8.

Hal ini disampaikan langsung oleh Liaison officer (LO) Lingga – Tanjungpinang, Surianto. Ia menyatakan bahwa disediakan rumah singgah yang baru ini tidak lain untuk menindaklanjuti terkait keberadaan dan kelayakan rumah singgah yang lama.

“Kita sangat peduli kepada masyarakat Kabupaten Lingga, menurut saya mengenai rumah singgah yang dulu terlalu kecil dan jauh, maka dengan itu kita putuskan kontaknya yang lama dan carikan yang lebih layak lagi. Selain itu kondisi rumah singgah yang baru lebih besar dan nyaman di bandingkan rumah singgah yang lama, ini di lakukan semata untuk membantu warga Kabupaten Lingga yang akan berobat di Tanjung pinang,” kata Surianto saat dikonfirmasi marwahkepri.com, Rabu (13/01/2021).

Ia juga mengungkapkan, keberadaan rumah singgah yang baru lokasi rumah tidak jauh dan berhadapan dengan Rumah Sakit Umum Provinsi (RSUP) Kepri. Dengan itu, bagi pasien maupun keluarga yang ingin singgah dan menginap tak perlu lagi merobohkan kocek untuk transportasi, dan rumah singgah tersebut juga menyediakan Ransum, Konsumsi dan juga Fasilitas lainnya.

“Sebelumnya saya juga sudah berkoordinasi dengan pak Bupati, ketua Dewan, dan Dinas Kesehatan terkait rumah singgah yang baru ini, Alhamdulillah beliau menyebutkan layak dan insyaallah pada tanggal 16 Januari nanti akan di buka untuk masyarakat Lingga,” ungkapnya.

Tidak hanya itu, Surianto menyampaikan bagi pasien yang berujuk ke RS Provinsi Kepri tak perlu pusing untuk memikirkan transportasi. Karena, Pemerintah juga telah menyediakan Ambulance yang siap untuk mengantar dan menjemput pasien nantinya.

“Kita juga menyediakan Ambulance untuk menjemput pasien di Pelabuhan, dan Alhamdulillah Ambulance tersebut telah beroperasi, dan jika memang rumah singgah yang baru ini penuh, kita juga ada rumah singgah yang telah di gagasi oleh Himpunan Melayu Raya Korwil Lingga. Jadi untuk pasien dan keluarga tak perlu lagi khawatir mencari tempat tinggal,” ucapnya.

“Kita juga siap untuk mendampingi pasien dalam kesulitan admistrasi,” sambungnya.

Diketahui, berikut Contact Person Koordinator rumah Singgah Tanjungpinang, Surianto: 0822-8696-2829. Operator Ambulance, Boy: +62 822-8444-4567. (Mk/Willy)