Calon Penghulu Bagan Jawa Datangi Kantor Dinas PMD Rohil Pertanyakan DPT

Berfoto bersama. (F:ist)

Berfoto bersama. (F:ist)

BAGANSIAPIAPI (marwahkepri.com) – Calon Penghulu Kepenghuluan Bagan Jawa bernomor urut 3, Rita E. Riung bersama suaminya Alan mendatangi kantor Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Rokan Hilir (PMD Rohil) di jalan pasca MTQ, komplek perkantoran Batu Enam Bagansiapiapi.

Bahkan calon penghulu bernomor urut 4, Rina juga ikut mendatangi kantor PMD tersebut. Mereka diterima oleh Sugi selaku Kasi Pengembangan Desa PMD Rohil yang juga Ketua Monitoring Pemilihan Penghulu.

Dalam pertemuan tersebut mereka ingin difasilitasi untuk mendapatkan daftar pemilih tetap (DPT) Kepenghuluan Bagan Jawa yang telah ditandatangani oleh para calon penghulu. Karena hasil pantauan di lapangan DPT yang diberikan oleh panitia pelaksana pemilihan penghulu kepada TPS merupakan DPT yang tanpa ditandatangani oleh para calon penghulu. Oleh sebab itu, banyak masyarakat yang tidak mendapat undangan memilih ketika pemilihan penghulu kemaren.  

“Jadi Dinas PMD akan menyurati panitia pemilihan Kepenghuluan Bagan Jawa tentang DPT yang telah kami paraf dan DPT yang diberikan kepada TPS ketika pemilihan kemaren,” tutur Rita Riung.

Dikatakannya, ketika penghitungan suara kemaren beberapa para calon penghulu keberatan terhadap masalah DPT. Hal ini karena banyak masyarakat yang tidak mendapatkan undangan untuk memilih. 

Kemudian itu, kata Rita, mereka ke kantor PMD ini merupakan tindaklanjut surat yang telah mereka berikan yang ditembuskan kepada DPRD dan bupati tentang masalah DPT tersebut.

Katanya, ketika para calon penghulu minta DPT yang telah ditandatangani berdasarkan kesepakatan bersama tidak ditanggapi oleh panitia pelaksana pemilihan kepenghuluan Bagan Jawa maka mereka mendatangi kantor PMD agar mendapatkan DPT tersebut. 

“Sebenarnya kami telah keberatan kepada panwas terkait DPT yang dibagikan merupakan DPT yang tidak ada paraf,” jelasnya. 

Dikatakannya, proses keberatan sudah mereka lalui dengan menyurati panwas, panitia pelaksana dan kantor PMD.

“Namun kami minta daftar DPT yang telah ditandatangani para calon penghulu hingga kini panitia pelaksana kepenghuluan Bagan Jawa tidak memberikannya kepada kami para calon penghulu,” tuturnya. (Noval)