Cegah Abrasi Sungai Rokan, Bupati Suyatno Tanam Vetiver

Suasana kegiatan. (F:ist)

Suasana kegiatan. (F:ist)

BAGANSIAPIAPI (marwahkepri.com) – Bupati Rokan Hilir (Rohil) H. Suyatno meresmikan penanaman Vetiver untuk mencegah abrasi tidak meluas sepanjang tahunnya disepanjang sungai Rokan, Kepenghuluan Jumrah, Kecamatan Rimba Melintang, Senin (7/12/2020).

Program ini merupakan fasilitasi dan stimulasi akibat dampak bencana baru Kabupaten Rokan Hilir tahun 2020 program rehabilitasi dan rekontruksi badan penanggulangan bencana daerah (BPBD) Rokan Hilir.

“Mudah-mudahan ditanamnya Vetiver ini abrasi berkurang,” kata Bupati Rohil H. Suyatno dalam sambutannya.

Dikatakannya lagi, abrasi yang terjadi di sepanjang sungai Rokan ini disebabkan faktor kondisi alam. Apalagi Sungai Rokan arus di dalamnya sangat kencang. Oleh karena itu dibuat program Vetiver agar bisa mengatasi abrasi.

“Contohnya di pulau Jawa berhasil menangani abrasi dikarenakan akarnya bisa mencapai 15 meter. Vetiver sangat membantu antisipasi abrasi,” kata Suyatno

Jika berhasil kata Suyatno lagi pihaknya akan memprogramkan penanaman Vetiver setiap tahunnya.

Hadir dalam acara tersebut Dandim 0321/Rohil Letkol Arh Agung Rahman Wahyudi.S.Ip, Kapolres Rokan Hilir yang diwakili Kapolsek Rimba Melintang Iptu M.Sodikin, Camat Rimba Melintang Darsono. (Noval)