Dongkrak Sektor Pariwisata, Pemko Batam akan Perbanyak Ruang Publik

Dataran Engku Hamidah yang berlokasi di Jalan Raja Haji Fisabilillah atau tepatnya di depan Hotel Green Rose, samping Edukits Simpang Jam. (F:net)

Dataran Engku Hamidah yang berlokasi di Jalan Raja Haji Fisabilillah atau tepatnya di depan Hotel Green Rose, samping Edukits Simpang Jam. (F:net)

BATAM (marwahkepri.com) – Pemerintah Kota (Pemko) Batam terus melakukan penataan kota. Hal ini dilakukan guna meningkatkan sektor yang sangat potensial bagi ekonomi Batam, yakin sektor pariwisata.

Hal ini ditandai dengan terus dibangunnya taman atau ruang publik yang bisa dinikmati masyarakat maupun wisatawan.

“Dataran Engku Hamidah ini, merupakan desain dua tahun lalu. Sekarang kita dapat menikmatinya,” ucap Wali Kota Batam Muhammad Rudi pada saat acara Expo Batam Batik Fashion Week, Sabtu (12/9/2020) malam.

Ia menambahkan, Dataran Engku Hamidah merupakan salah satu titik dari sekian banyak yang akan dikembangkan oleh Pemko Batam. Rudi mengungkapkan, sepanjang jalan Raja Haji Fisabilillah dari Jembatan Layang Laluan Madani hingga Bundaran Madani akan dikembangkan.

“Juga, jalan sekitar Engkuputri juga kita akan kembangkan. Lalu dari ruas jalan Ahmad Yani juga demikian. Di depan Polresta Barelang (Jalan Jendral Sudirman) kami akan bangun taman dan pasang lampu. Jadi nanti keindahan Batam tidak hanya dapat dinikmati satu titik, tapi dari banyak titik,” papar dia.

Untuk diketahui kini Pemko Batam melalui bantuan Corporate Social Responsibility (CSR) tengah membangun satu taman baru di dekat Laluan Madani. Hal ini menggenapi fasilitas yang dibangun pemerintah. Rudi mengungkapkan tidak hanya di dekat Laluan Madani, rencana pengembangan secara bertahap ruang terbuka hijau bahkan dari Laluan Madani ke Simpang Kabil di dekat Kepri Mall.

“Semua yang minta lahan, semua diminta ikut pembangunan. Bayangkan kalau dari jalan itu (jalan Sudirman) hingga Simpang Kepri Mall taman bagus, lampu-lampu bercahaya, indah tak Batam jadinya,” tambahnya.

Ia mengatakan, setelah semua dikembangkan, Batam akan memiliki daya tarik lebih, baik sektor investasi maupun pariwisata. Setelah keduanya meningkat, tentu memberikan dampak domino bagi masyarakat.

“Semua akan ikut berkembang, maju bersama. Dari yang jual kerajinan, lapangan pekerjaan, angkutan, kuliner semua akan mendapatkan dampak positifnya,” pungkasnya. (mk/mc)

Print Friendly, PDF & Email