14 ABK Kelud yang Dirawat di RS Galang Positif COVID-19

F:net

F:net

BATAM (marwahkepri.com) – Sebanyak 14 awak dari 40 awak KM Kelud yang dirawat di RS Galang dinyatakan positif mengidap COVID-19.

“Dari 15 orang yang diambil (sampel) swab-nya, 14 orang dinyatakan positif COVID-19,” kata Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kepulauan Riau Tjetjep Yudiana di Tanjungpinang, Jumat (17/4/2020).

Sebelumnya, hasil pemeriksaan menggunakan alat tes diagnostik cepat yang dilakukan pada anak buah kapal KM Kelud saat singgah di Batam menunjukkan 40 awak kapal itu menurut indikasi berpotensi terserang virus Corona.

Sebanyak 39 dari awak kapal itu kemudian ditetapkan sebagai orang dalam pemantauan (ODP) dan menjalani perawatan di Rumah Sakit Galang, Batam. Sementara satu orang lainnya ditetapkan sebagai pasien dalam pengawasan (PDP) dan menjalani perawatan di Rumah Sakit Otorita Batam.

“Dari 40 orang ABK ini, baru 15 orang yang diketahui hasil (pemeriksaan) swab, sedangkan sisanya dalam waktu dekat,” tambahnya.

Sebelumnya, KM Kelud berlayar dari Tanjung Priok (Jakarta) menuju Pelabuhan Belawan di Sumatera Utara pada 12 April 2020 membawa 111 penumpang dan awak kapal.

Dari 111 penumpang kapal, 31 turun di Pelabuhan Batu Ampar, Batam, 44 turun di Pelabuhan Tanjung Balai Karimun dan 36 turun di Pelabuhan Belawan, Sumatera Utara. (mk/dtk)

 

Print Friendly, PDF & Email