Pantau Stok dan Harga Sembako, Wakil Bupati Lingga Sidak Distributor

Wakil Bupati Lingga, M. Nizar saat sidak di salah satu agen distributor sembako. (f.ist)

Wakil Bupati Lingga, M. Nizar saat sidak di salah satu agen distributor sembako. (f.ist)

LINGGA (marwahkepri.com) – Wakil Bupati Lingga, M. Nizar bersama tim gabungan melakukan inpeksi mendadak (sidak) di sejumlah agen/distributor dan pasar terkait ketersediaan stok sembako dan stabilitas harga akibat merebaknya virus corona.

Sidak gabungan yang dipimpin Wakil Bupati Lingga ini meninjau agen/distributor sembako yang ada di wilayah Dabo Singkep, Kabupaten Lingga. Adapun yang menjadi sasaran yakni Toko Bintang Baru Jl. Gergas, Agen Atek Jl. Gergas, Toko Lesy Mandiri Jl. Gergas, Pasar Sayur Dabo Singkep.

“Dari hasil pemantauan hari ini, insya Allah masih tercukupi dan aman, memang ada disatu sisi kenaikan yang memang sudah dari agen yang di Jakarta (pusat), seperti gula, minyak goreng, itu yang memang tidak bisa kita hindar,” kata Wakil Bupati Lingga, M. Nizar, Rabu (15/04/2020).

Ia mengungkapkan, untuk ketersediaan sembako berupa sayuran lokal maupun dari luar daerah masih bisa dipastikan aman, karena tranportasi sembako masih berjalan normal.

“Insya Allah untuk stok sayuran masih normal, intinya pemerintah daerah tidak menyetop kapal untuk transportasi sembako,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Perdagangan Dinas PMD, PTSP dan Perdagangan, Razwin Abdullah mengatakan stok bahan kebutuhan pokok, khususnya beras masih aman hingga tiga minggu sampai satu bulan ke depan dan pasokan masih tetap lancar.

“Untuk harga gula pasir masih stabil ditingkat agen, sedangkan ditingkat penyalur masih menjual kisaran harga Rp. 14 ribu, sampai Rp. 15 ribu,” jelasnya.

Menurutnya, kenaikan harga pada komoditi bawang merah dan bawang putih dengan kisaran harga Rp. 36 ribu/kilogram, adanya peningkatan selisih harga sekitar Rp. 2 Ribu sampai Rp. 3 ribu per kilogram.

“Menyikapi hal tersebut, Pemerintah Daerah Kabupaten Lingga melalui perdagangan, ada kiat-kiat untuk memberikan bantuan kepada masyarakat, melalui dana penanganan Covid-19 yang salah satunya ada di perdagangan, yaitu untuk melakukan kegiatan bazar murah, rencananya dalam waktu dekat ini kita akan merealisasikannya,” imbuhnya. (mk/willy)

Print Friendly, PDF & Email