Koramil 04/Mandau Semangat Padamkan Karhutla di lahan Gambut

F:istimewa

F:istimewa

BENGKALIS (marwahkepri.com) – Danramil dan anggota Koramil 04 Mandau terus memadamkan titik api di lahan sawit. Kali ini api menghanguskan tanah gambut yang penuh semak belukar bertempat di RT 03 RW 05, Dusun Pamesi, Desa Pangkalan Libut, Kecamatan Pinggir, Senin (02/03/2020).

Personel yang terlibat dalam pemadaman ini Kapten Arh H. Sitorus, Sertu N. Saragih, Kopda Muchsin, 4 anggota Polri, 3 perangkat desa, 5 personel Damkar Pinggir dan 2 personel MPA.

Komandan Koramil 04/Mandau Kapten Arh. H Sitorus mengungkapkan kegiatan pemadaman karhutla ini ke awak media.

”Pemadaman titik api yang diakibatkan terjadinya kebakaran lahan sawit milik P. Manurung. Yang kita padamkan lahan gambut seluas ± 3 hektar yang terbakar dipenuhi semak belukar, serta hingga saat ini penyebab kebakaran masih dalam penyelidikan Polsek Pinggir,” katanya.

Kapten Arh. H. Sitorus pun melanjutkan lahan yang sudah dipadamkan sekitar 2 hektar, dan 1 hektar lagi sedang dipadamkan.

Adapun peralatan yang digunakan untuk memadamkan api yaitu 2 unit mesin Robin Merk Honda, selang 1.5 inc 5 roll, selang 2.5 inc 4 roll dan 2 buah nouzle.

“Hambatan dalam pemadaman ini selain angin kencang yang berubah-ubah arahnya, juga sumber air susah, air ke TKP sekitar ± 200 m, dan juga jarak TKP ke Koramil ± 40 km, cuaca cerah dan tanah gambut,” tuturnya. (Siboroto)

Print Friendly, PDF & Email