Koramil 04 Mandau Padamkan Titik Api di Lahan Gambut

Suasana pemadaman kathutla, Senin (2/3/2020). (F: ist)

Suasana pemadaman kathutla, Senin (2/3/2020). (F: ist)

BENGKALIS (marwahkepri.com) – Memasuki hari ketiga, Danramil dan Anggota Koramil 04 Mandau terus memadamkan titik api di lahan gambut yang penuh semak belukar bertempat di perbatasan Tegar ujung RT 05/RW 17, Kelurahan Pematang Pudu, Kecamatan Mandau dengan Desa Buluh Apo Kecamatan Pinggir, Senin (02/03/2020).

Personel yang terlibat dalam pemadaman ini yaitu, dari TNI ada 4 orang yaitu Kapten Arh H. Sitorus, Serma Armen, Serka Agus Liadi, Sertu Ristiyo, anggota Polri ada 6 orang, anggota Manggala Agni ada 10 orang, anggota Damkar Mandau ada 4 orang dan anggota MPA ada 5 orang.

Komandan Koramil 04 Mandau Kapten Arh. H Sitorus mengungkapkan kegiatan pemadaman karhutla ini ke awak media.

”Ini memasuki hari ketiga saya bersama anggota Koramil 04 Mandau memadamkan api di TKP. Yang kita padamkan lahan gambut seluas ± 2 hektar yang terbakar dipenuhi semak belukar tapi masih belum diketahui siapa pemiliknya, serta hingga saat ini penyebab kebakaran masih dalam penyelidikan Polsek Mandau dan Pinggir,” ujar Danramil 04 mengawali.

Kapten Arh. H. Sitorus pun melanjutkan lahan yang sudah dipadamkan sekitar 1 hektar, dan 1 hektar lagi sedang dipadamkan.

Adapun peralatan yang digunakan untuk memadamkan api yaitu 2 unit mesin mini striker, 1 unit mesin robin, 7 roll selang 1.5 inchi, 4 roll selang 2 inchi, 4 buah nozzle.

“Hambatan dalam pemadaman ini selain angin kencang yang berubah-ubah arahnya, juga sumber air susah, air ke TKP sekitar ± 200 m, dan juga jarak TKP ke Koramil ± 30 km. Tapi walaupun demikian kita sangat bersemangat memadamkan api tersebut,” pungkasnya. (Rls/Siboroto)

Print Friendly, PDF & Email